BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah ‘flu Rusia’ yang misterius itu sebenarnya berasal dari virus corona? Sebagian ulama berpendapat demikian.

Pada tahun 1889, penyakit pernapasan misterius muncul di Rusia dan kemudian menyebar ke seluruh dunia, menyebabkan setidaknya tiga gelombang infeksi selama beberapa tahun. Sekarang, beberapa ilmuwan menduga bahwa penyakit, yang dijuluki “Flu Rusia”, mungkin sebenarnya disebabkan oleh pandemi. Virus corona Mirip dengan SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, The New York Times melaporkan.

Ada beberapa kesamaan antara kedua pandemi dengan mudah. Misalnya, selama pandemi flu Rusia, sekolah dan tempat kerja ditutup karena banyaknya orang yang terinfeksi. Mereka yang terkena sering kehilangan indra perasa dan penciuman, dan beberapa memiliki gejala jangka panjang yang berlangsung selama berbulan-bulan. Secara umum, flu Rusia tampaknya membunuh lebih banyak anak-anak lanjut usia, tidak seperti flu Virus, yang cenderung sama mematikan untuk kedua kelompok umur, menurut catatan sejarah yang tersedia, yang meliputi catatan kesehatan pemerintah, surat kabar dan artikel surat kabar.