BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Apakah Oompie ingin menghadirkan perhiasan tari dari Indonesia

Liesbeth Mende Oompie bertanya apakah dia ingin membawa perhiasan tari dari Indonesia. Dia melakukannya, dan bagaimana caranya.

Perhiasan membutuhkan sedikit ruang, jadi semua perhiasan diperbolehkan. Saya dulu sering memakainya. Saya memiliki anting-anting Snoopy, gelang pesona, dan cincin ular. Sebagian besar perak dan emas berasal dari Indonesia. Hampir setiap tahun, Umbi mengunjungi keluarga di Bandung dan membawakan kami teh, kopi, dan perhiasan.

Ketika saya berumur tujuh belas tahun saya bergabung dengan kelompok tari Indonesia. Terkadang kami tampil di pesta dan pernikahan. Kami mengenakan abaya warna-warni dan perhiasan emas palsu di kue kami. Gadis-gadis lain memiliki perhiasan mereka sendiri. Saya selalu diizinkan untuk meminjam sesuatu. Ketika dia meninggalkan Umbi ke Indonesia lagi, saya bertanya apakah dia ingin membawa perhiasan untuk menari. Saya memikirkan beberapa pin dan tongkat berwarna emas di bagian depan sanggul saya. Umbi menulisnya di buku catatannya.

Kami berlatih pada hari Minggu di sebuah ruangan di atas sebuah kafe di Bergen op Zoom. Guru tari Yaya aslinya orang Jawa. Setiap minggu dia datang dari Amsterdam bersama suaminya. Pasangan itu bergumul saat menaiki tangga. Betapa tua guru tari, pikirku. Tapi ketika dia mulai menari, usianya semakin menurun dan dia bergerak dengan lancar dan anggun. Yaya bisa berbahasa Belanda dengan baik, tapi suaminya tidak. Perkenalkan teknologi. Sepanjang pelajaran, dia duduk bersila di samping alat perekam kaset. Angin terus bertiup kencang, bergema di ruang kosong.

Yaya pertama-tama dengan sabar menjelaskan langkah-langkahnya kepada kami. Dalam penjelasannya, suaminya menyela: “Moisek?”

Belum, jawab Yaya. Menunjukkan beberapa langkah pengendalian diri. Kami mengikuti teladannya.

“Moesiek?” Dia bertanya lagi.

READ  Berita IGO - Terkini - Lintjesregen 2021 Goeree-Overflakkee

“Belum,” kata Yaya. Saya pergi dengan tenang dengan penjelasannya.

“Musik sekarang?” Ada hening sejenak. “Moesiek sekarang?” Perlahan, Yaya berpaling kepada suaminya. Pembicaraan singkat yang sengit dilanjutkan dalam bahasa Indonesia. Dia meluruskan jubahnya, melihat ke arah kami, tersenyum, dan melanjutkan pelajaran.

Gambar oleh Wiri Crohn

Umbi telah kembali dari Indonesia dan datang mengunjunginya. Dia memberi saya kotak beludru merah besar. Saya membuka kotak itu dan dengan hati-hati mengeluarkan buihnya dan melihat sebuah mahkota besar yang berkilau. Mahkotanya dihiasi dengan kepang emas dan puluhan berlian palsu. Di bawah mahkota ada gelang, bros, tongkat rambut, dan mahkota yang lebih kecil. Semuanya diwarnai emas dan diisi berlian. Saya merasa sedikit malu, apakah semua permata itu milik saya? Kelompok penari lainnya mengenakan perhiasan yang bagus, yang juga ada di dalam kotak, tetapi kepala, mahkota besar itu, saya banyak memakainya. Seperti aku adalah ratu dari kelompok tari. Untuk pesta berikutnya saya memakai banyak perhiasan, tapi bukan mahkota emas. Saya hanya memakai mahkota saat melakukan pernikahan sepupu saya. Umbi ada di aula. Saat saya menari, saya menatapnya sejenak, dan dia mengangguk sejenak.

Penulis Lisbeth Mendy (1975) bercerai dan harus hidup lebih muda. Anda menulis tentang apa yang Anda temukan saat membersihkan. Anda dapat menemukan episode sebelumnya di sini.