BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO meninggalkan SM Entertainment dan membawa agensi tersebut ke pengadilan

Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO meninggalkan SM Entertainment dan membawa agensi tersebut ke pengadilan

Baekhyun, Xiumin, dan Chen dari grup K-pop EXO telah mengumumkan melalui pengacara mereka bahwa mereka akan meninggalkan SM Entertainment. Ketiganya melakukan ini karena mereka tidak senang dengan cara mereka diperlakukan, karena mereka tidak dibayar dan karena mereka harus menandatangani kontrak ilegal.

Tiga anggota EXO menggugat agensi mereka, SM Entertainment. Ketiganya menyewa pengacara karena menginginkan data dari SM Entertainment tentang pembayaran mereka selama 11 tahun terakhir. SM Entertainment tidak dapat memberikan informasi ini, sehingga ketiganya kini telah mengakhiri kontrak mereka.

Akhir kontrak

Pengacara Lee Jae-hak, yang bertunangan dengan Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO, berkata: Harian Korea JoongAng bahwa ketiganya akan mengakhiri kontrak mereka dengan SM Entertainment. Alasan resminya adalah: “penyalahgunaan dan ketentuan kontrak yang tidak adil.” Pertama-tama, ini menyangkut pembayaran. “Merupakan hak dasar bagi artis untuk dapat melihat data tentang bagaimana pembayaran mereka dilakukan. SM Entertainment juga diwajibkan oleh hukum untuk memberikan informasi ini. Namun menurut agensi, angka-angka ini tidak dapat dibagikan,” kata pengacara tersebut.

Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO telah meminta nomor ini sejak 21 Maret 2023 dan menjelaskan bahwa mereka ingin memilikinya paling lambat hari Rabu. Karena mereka tidak menerima kontrak, mereka tidak melihat pilihan lain selain mengakhiri kontrak mereka dengan segera berlaku pada hari Kamis 1 Juni.

kontrak ilegal

Selain kurangnya transparansi tentang pembayaran, pengacara juga berbicara tentang ketentuan ilegal dalam kontrak. Misalnya, Baekhyun, Xiumin, dan Chen akan ditawari kontrak dari 12 hingga 13 tahun, jauh lebih lama dari batas maksimal 7 tahun yang ditetapkan oleh pemerintah Korea Selatan. Selain itu, ada juga klausul dalam kontrak dimana artis tetap berkomitmen secara eksklusif kepada agensi untuk jangka waktu 17 hingga 18 tahun.

READ  Jim Taihutu tak mau mengutuk tentara saat membuat film tentang Indonesia | Film dan acara TV

Pengacara menyimpulkan dengan pesan dari Baekhyun, Xiumin, dan Chen kepada penggemar mereka. “Kami terintimidasi dan frustrasi untuk mengambil langkah kecil pertama ini dan berbicara tentang perlakuan tidak adil yang kami hadapi sejauh ini. Ketahuilah bahwa kami membutuhkan banyak keberanian untuk melakukannya. Kami berterima kasih kepada penggemar yang telah mendukung kami. jauh.”

Tanggapan SM Entertainment

SM Entertainment telah menanggapi berita tersebut dengan sebuah pernyataan Pemberita Korea, mengklaim bahwa ada “beberapa kekuatan luar yang melakukan tindakan ilegal” dengan membujuk artis untuk membuat keputusan yang salah untuk melanggar ketentuan mereka dengan SM atau outsourcing. Badan tersebut, pada gilirannya, mengatakan bahwa mereka akan “mengambil semua tindakan hukum yang diperlukan terhadap kekuatan-kekuatan ini.”

Baekhyun, Xiumin, dan Chen memulai debutnya pada tahun 2012 sebagai anggota EXO. Grup tersebut memiliki rencana besar untuk tahun 2023, dan untuk pertama kalinya sejak 2019, EXO menyelesaikannya lagi tahun ini. Wajib militer Korea Selatan telah membuat setidaknya satu anggota absen selama empat tahun terakhir. Tahun ini akan ada comeback untuk kesembilan anggota, tetapi karena Kai tiba-tiba wajib militer, dia tidak dapat melanjutkan. Kepergian Baekhyun, Xiumin, dan Chen dari SM Entertainment juga dapat menghambat comeback tersebut.