BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Belarusia semakin tunduk pada Rusia secara ekonomi

Hampir setahun setelah “terpilihnya kembali” Lukashenko, Belarus memiliki lebih sedikit ruang untuk bermanuver. Ketergantungan pada Rusia juga meningkat secara ekonomi. Di latar belakang, bisnis Rusia terletak di sektor strategis Belarusia. Dan sanksi baru Barat setelah pembajakan pesawat Ryanair tidak membuat situasi lebih makmur bagi Belarusia.


Kemana tujuan barang Belarusia? Klarifikasi dari Bank Dunia

Pintu Hubert Smits

Dalam sembilan bulan sejak pemilihan kembali Presiden Alexander Lukashenko yang disengketakan pada Agustus 2020, Belarusia semakin bergantung pada Rusia tidak hanya secara politik dan militer, tetapi juga secara ekonomi. Sanksi yang direncanakan oleh Uni Eropa sebagai tanggapan atas pembajakan pesawat Ryanair dan penangkapan jurnalis Roman Protasevic (26) akan semakin memisahkan ekonomi Belarusia dari Eropa.

Alasan meningkatnya ketergantungan ini terutama karena neraca perdagangan Belarusia. Suatu negara tidak dapat memiliki kurang atau tidak ada pasar penjualan di Eropa atau Amerika Serikat. Perdagangan luar negeri Belarusia menderita pada 2018, menurut Bank Dunia Lebih dari 38 persen diekspor ke Rusia, sedangkan negara itu mengimpor lebih dari 58 persen dari Rusia. Neraca perdagangan negatif ini mencapai hampir $ 10 miliar pada 2018 – menurut Tokoh terbaru dari Minsk Defisit menurun menjadi 3 miliar dalam tiga tahun terakhir – Belarusia pada saat itu mampu mengimbangi ekspor yang menguntungkan ke Ukraina (12%), Inggris (9%), Jerman (4,3%) dan Belanda (4,2%). ).

Grafik Pendapatan Nasional Belarusia IMFsaya
Produksi Domestik Bruto. Ilustrasi Dana Moneter Internasional

Kecuali Jerman, neraca perdagangan dengan semua negara Eropa ini positif. Komoditas ekspor utama adalah produk minyak bumi, kalium (kalium karbonat) atau bahan baku lain untuk pupuk, mineral mentah, dan mesin.

Sanksi Barat

Jika Amerika Serikat dan Uni Eropa benar-benar terus menerapkan dan menegakkan sanksi yang mereka usulkan, arus perdagangan ini bisa mendapat tekanan. Eropa ingin bersama Balas dendam Terutama mereka yang bekerja di pemerintahan dan peradilan. Sanksi AS lebih fokus pada beberapa sektor utama ekonomi Belarusia, yaitu terhadap perusahaan petrokimia Belniktechim di Minsk, kilang minyak Naftan dekat Vitebsk dan grup pupuk Grodno Azot. Belneftechim Itu sendiri menyumbang tiga puluh persen dari produksi industri di Belarus.

READ  Lotte (25 tahun) berubah dari materialistis menjadi moderat: 'Hidup dari tas tangan di bawah sepuluh kilo' | Modal

Masih belum jelas apakah sanksi ini akan berkembang lebih jauh. Tetapi jika tetangganya Ukraina, dalam upaya untuk membentuk kebijakan integrasi Baratnya sendiri, mulai mengimbangi dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa, maka masalah perdagangan besar akan muncul di Belarusia.

Beberapa Angka untuk kejelasan Dari potensi ancaman ini. Dari semua produk minyak yang diekspor Belarusia – bernilai lebih dari US $ 5 miliar atau 16,5% dari total ekspor – sekitar 41% ke Ukraina, 38% ke Inggris, lebih dari 8% ke Belanda dan 4% ke Polandia. Dari tar batubara Belarusia (bernilai lebih dari 300 juta USD), sekitar 58% ke Estonia, 24% ke Belanda dan sekitar 17% ke Inggris. Ekspor kalium dari pupuk mentah, yang menyumbang hanya di bawah $ 3 miliar (sekitar 9% dari perdagangan luar negeri), kurang sensitif terhadap sanksi. Potash terutama dijual ke China (13%), India (12,5%) dan Indonesia (6,25%). Dalam hal mineral bijih ($ 400 juta setahun), Belarus adalah yang paling rentan. Misalnya, setidaknya 33% besi canai panas (lebih dari $ 200 juta) dikirim melalui Belanda.

Skema Bank Dunia untuk mengekspor BelarusKlarifikasi dari Bank Dunia

Akreditasi ekonomi

Perekonomian Belarusia akan sulit menyerap potensi kerugian ini. Karena Belarusia tidak memiliki banyak daging lain di tulang saat ini. Ekonomi Belarusia terpengaruh lebih sedikit oleh krisis Corona tahun lalu dibandingkan Rusia. Pada tahun 2020, ekonomi Belarusia mengalami kontraksi Menurut ekonom Minsk yang tulus Dengan hanya 0,9 persen, dibandingkan dengan kontraksi 3,1 persen di Rusia. Sisi negatifnya, bagaimanapun, adalah pemulihan pasca pandemi akan memakan waktu lebih lama. Berbeda dengan otoritas Belarusia yang melaporkan pertumbuhan 2,5% selama empat bulan pertama tahun ini Ekspor Tidak kurang dari 5% Lembaga Pemeringkat Kredit Internasional Fitch Untuk tahun 2021, tingkat pertumbuhan hanya 0,5 hingga 0,7%.

READ  Sebuah RUU untuk mengakhiri perpajakan secara surut disahkan ketika oposisi meninggalkan parlemen

Prospek jangka panjang hampir tidak terlihat lebih baik. Menurut Fitch, defisit pembiayaan dalam anggaran Belarusia akan tumbuh menjadi 4,6% dan utang nasional Belarusia, yang sekarang sekitar 40% di tangan Rusia, akan tumbuh menjadi 53,3% pada tahun 2022 dan 60,3% pada tahun 2025. Sejalan dengan itu.

Skema Utang Pemerintah Dana Moneter Internasional
Utang pemerintah. Ilustrasi Dana Moneter Internasional

Berkat dukungan Rusia untuk impor minyak dan gas ke Belarus, Lukashenko berhasil mempertahankan kemakmuran ekonomi selama bertahun-tahun. Hibah ini bagus untuknya 12 persen dari PDB Belarusia. Ketika Rusia jatuh ke dalam resesi pada tahun 2014, pemerintah Vladimir Putin memutuskan untuk perlahan-lahan mengurangi manfaat ini. Keran harus ditutup sepenuhnya pada tahun 2024.

Beberapa berburu barang murah

Menghilangkan keuntungan dari Belarusia ini dan mengurangi kelayakan kredit Belarusia memberikan peluang baru bagi pengusaha Rusia untuk membuat tanda mereka di Belarusia. Sungguh 45 persen dari investasi asing Di Belarus dari Rusia. Ini akan meningkat jika investasi Barat gagal mencapai tekanan dari sanksi Eropa dan Amerika. Menurut jurnalis Brian Whitmore, dia sekarang adalah rekan senior di Dewan AtlantikPengusaha Rusia secara khusus mencari industri kimia (minyak bumi) di Belarus. Permian Uralkali, produsen kalium karbonat yang dipimpin oleh Sergey Chemezov yang dekat dengan Putin, dikatakan memangsa Belaruskali di Soligorsk dekat Minsk. Uralchim Rusia, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh oligarki kelahiran Minsk Dmitry Mazbin, sedang mengintai Grodno Azot.

Sejak pemilihan pertamanya pada tahun 1994, pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko dengan terampil berlayar antara Timur dan Barat selama lebih dari seperempat abad. Di Rusia, dia mencari dukungan politik dan keuangan untuk rezimnya, dan di Eropa dia mencari mitra dagang yang memiliki banyak uang. Dia selalu memperhatikan fakta bahwa keseimbangan ekonomi tidak akan berubah secara permanen di Moskow. Tetapi kurang dari setahun setelah pemilihan presiden yang dianggap curang di Belarusia, yang hasilnya hanya diakui oleh Rusia, China, dan sekitar dua puluh negara Eurasia (sebagian pasca-Soviet) lainnya, ia telah kehilangan kendali atas keseimbangan ini. Semakin banyak indikasi bahwa Belarusia bisa menjadi pengikut ekonomi Rusia. Ketegangan politik seputar pembajakan Pantekosta bisa menjadi pendorong baru dalam prosesnya.

READ  Gelderland korban virus corona tes penipuan, penangkapan di Indonesia
Skema Kekurangan Pendanaan Belarusia
Kurangnya dana. Ilustrasi Dana Moneter Internasional

Diterbitkan sebelumnya

Artikel sebelumnya di RaamopRussia tentang ekonomi Belarusia.
https://www.raamoprusland.nl/dossiers/belarus/1664-hoe-loekasjenko-de-economische-middenklasse-vervreemdt
https://www.raamoprusland.nl/dossiers/belarus/1673-arbeidersparadijs-belarus-al-langer-in-ongerede
https://www.raamoprusland.nl/dossiers/belarus/1684-belarus-leeft-onder-een-systeem-van-moderne-lijfeigenschap