BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Berita sains terbaik minggu ini

Berita sains terbaik minggu ini

Di bagian ini, editor merekomendasikan setiap minggu artikel apa yang terbaik atau paling menarik di situs web. Kali ini: Mamalia aneh ditemukan kembali, hujan pasir di planet ekstrasurya, prediksi letusan gunung berapi, dan pesawat pembom baru sedang diuji.

Setelah 62 tahun, mamalia aneh bertelur tiba-tiba muncul kembali

Gambar: Universitas Oxford/Ekspedisi Cyclops.

Dengan duri seperti landak, kaki seperti tahi lalat, dan hidung seperti semut Zaglossus attenboroughi Terlihat aneh. Nama mamalia bertelur (landak berbulu) diambil dari nama ahli biologi terkenal Inggris dan pembuat film dokumenter Sir David Attenborough. Hewan tersebut sudah tidak terlihat selama lebih dari enam puluh tahun, namun kini telah tertangkap kamera satwa liar dari Ekspedisi Cyclops di Indonesia.

Pencarian aman…

Planet ekstrasurya di dekatnya menghujani pasir

Kesan seniman terhadap planet ekstrasurya WASP-107b yang mengorbit bintangnya
Kesan seniman terhadap planet ekstrasurya WASP-107b yang mengorbit bintangnya. Gambar: Sekolah Seni LUCA, Belgia/Glass Verpost.

Dengan bantuan dari Teleskop Luar Angkasa James Webb Para astronom telah mampu mengintip jauh ke dalam atmosfer sebuah planet ekstrasurya di dekatnya – sebuah planet yang mengorbit bintang selain Matahari. Mereka melihat beberapa hal yang mencolok di sana, termasuk awan dan hujan pasir.

Begitulah adanya

Bagaimana cara memprediksi letusan gunung berapi?

Letusan gunung berapi di Islandia
Foto: Ása Steinarsdóttir/Unsplash.

Akhir pekan ini, empat ribu penduduk desa Grindavik di Islandia harus mengungsi karena satu dan lain hal. Letusan gunung berapi yang akan datang. Menurut Kantor Meteorologi Islandia, letusan bisa terjadi kapan saja.

Bagaimana cara memprediksi bencana alam seperti itu?

B-21 Raider terbang ke angkasa

B-21 Raider di gudang dengan bendera Amerika di belakangnya
Gambar: USAF.

Amerika telah mengembangkan pesawat pengebom baru dengan sangat rahasia selama bertahun-tahun. Namun akhir tahun lalu, B-21 Raider akhirnya tiba diperlihatkan kepada masyarakat umum. Angkatan Udara AS telah mengindikasikan bahwa penerbangan pertama pembom serang jarak jauh ini akan dilakukan pada tahun 2023. Amerika kembali bungkam mengenai tanggal pastinya. Tapi itu benar Penerbangan pertama Itu akan terjadi pada 10 November. Mengamati jurnalis foto Matt Hartman melihat pesawat lepas landas untuk penerbangan singkat dari Pabrik Angkatan Udara AS 42 di Palmdale, California.

READ  DNA wanita berusia 7.200 tahun itu bertentangan dengan apa yang sebelumnya diketahui tentang manusia purba

Baca selengkapnya