BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bloomberg: Tesla akan mengontrak pabrik konstruksi di Indonesia


Foto: ANP

Tesla mendekati kesepakatan tentatif dengan pemerintah Indonesia untuk membangun pabrik di negara tersebut. Sumber mengatakan kepada Bloomberg News. Menurut orang dalam, pabrik baru itu bisa menghasilkan sejuta mobil listrik Tesla setiap tahun.

Diskusi juga membahas banyaknya fasilitas Tesla di Indonesia yang mendukung berbagai bagian proses manufaktur dan rantai pasokan. Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan tahun lalu bahwa dia ingin melihat Tesla membangun pabrik untuk mobil di negaranya. Widodo bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk untuk membahas pabrik.

Indonesia sudah menjadi pemasok utama nikel ke Tesla untuk digunakan dalam baterai mobil listrik. Negara itu menandatangani kesepakatan senilai $5 miliar dengan Tesla pada Agustus untuk memasok nikel.

Sumber tersebut mengatakan, belum bisa dipastikan final deal akan rampung sehingga belum bisa dipastikan apakah pabrik di Indonesia benar-benar akan dibangun.

Ini bisa menjadi pabrik ketiga Tesla di luar AS. Perusahaan memiliki pabrik di China dekat Shanghai dan Berlin. Di AS, grup ini memiliki pabrik di Fremont, California dan Austin, Texas.

Musk mengatakan Tesla mungkin memiliki 10 hingga 12 pabrik di seluruh dunia. Tesla juga dikatakan sedang dalam pembicaraan untuk mendirikan pabrik di Meksiko.

READ  Boeing Hadir di Pengadilan Setelah Kecelakaan dengan 737 MAX - Wel.nl