BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Blue Origin dan ULA memperingatkan bahwa peluncuran SpaceX Starship di Florida bisa sangat mengganggu

Blue Origin dan ULA memperingatkan bahwa peluncuran SpaceX Starship di Florida bisa sangat mengganggu

Ia memainkan

Rencana SpaceX untuk meluncurkan roket raksasa dua tahap Starship-Super Heavy dari Kennedy Space Center NASA telah menarik perhatian dan kekhawatiran dua perusahaan antariksa yang bersaing, yang telah memperingatkan pejabat federal bahwa roket setinggi 492 kaki itu belum diuji. akan terlalu berbahaya dan dapat mengganggu. Sangat penting bagi pelabuhan antariksa tersibuk di negara ini dan lingkungan sekitarnya.

United Launch Alliance dan Blue Origin – yang memiliki jejak besar di Space Coast dan memandang SpaceX sebagai pesaing langsung – telah menyampaikan keprihatinan tertulis kepada FAA.

Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) sedang mempersiapkan Pernyataan Dampak Lingkungan untuk mengevaluasi potensi dampak peluncuran kendaraan Starship hingga 44 kali per tahun dari Pad 39A di Kennedy Space Center (KSC). SpaceX juga mengincar kemungkinan landasan peluncuran kedua untuk kendaraan Starship di Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di dekatnya.

“Karena ini adalah roket terbesar yang pernah ada, kecelakaan akan menyebabkan kerusakan serius atau bahkan bencana, sementara peluncuran normal akan meninggalkan dampak kumulatif pada struktur,” tulis pejabat ULA dalam surat setebal 22 halaman kepada FAA peralatan pendukung peluncuran yang penting.”

ULA mengutip ledakan Starship pada April 2023 di lokasi peluncuran pribadi SpaceX di Boca Chica, Texas, yang menyebabkan puing-puing beterbangan dalam radius enam mil. Di Cape Town, pejabat ULA mencatat bahwa landasan peluncuran mereka hanya berjarak tiga mil dari Pad 39A, dan perusahaan lain berlokasi di dekatnya.

“Jika insiden serupa terjadi lagi, puing-puing ini akan mencapai operasi ULA dan dapat melukai orang atau merusak properti. Seiring dengan meningkatnya daya dorong peluncuran Starship, puing-puing dari kegagalan peluncuran serupa dapat mencapai wilayah berpenduduk lebih besar di sekitar Kennedy Space Center.”

Blue Origin mempekerjakan lebih dari 2.700 karyawan tetap di Brevard County dan telah menginvestasikan lebih dari $1 miliar dalam mengembangkan kompleks peluncuran roket tugas berat pertama di dunia yang dibangun secara pribadi untuk peluncuran roket New Glenn di masa depan.

Tanjung Canaveral: Apakah ada peluncuran hari ini? Jadwal peluncuran roket dari SpaceX, NASA dan ULA yang akan datang di Florida

Dalam surat setebal tiga halaman kepada FAA, pejabat Blue Origin mengusulkan untuk membatasi tingkat peluncuran dan pendaratan roket Starship Super Heavy “hingga jumlah yang memiliki dampak minimal terhadap lingkungan lokal, personel yang dipekerjakan secara lokal, dan komunitas lokal.”

READ  Dokumen rahasia mengungkapkan bahwa 'objek antarbintang' meletus di atas Samudra Pasifik pada tahun 2014.

ULA mendesak pemerintah untuk mempertimbangkan alternatif untuk mengizinkan SpaceX membawa Starship ke KSC: dengan mempertahankan roket raksasa tersebut di Boca Chica, di tempatnya sekarang.

Pejabat media SpaceX tidak menanggapi pesan yang meminta komentar untuk cerita ini.

Perusahaan luar angkasa bersaing untuk mendapatkan kontrak

Beberapa hari setelah komentar FAA dari para pesaingnya, pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk terpaksa hanya menggunakan dua kata: “Hakim Asal.” Beberapa laporan media menggambarkan komentar tentang studi lingkungan Starship ini sebagai pertarungan antara miliarder, khususnya Musk dan pendiri Blue Origin Jeff Bezos.

Namun, “jika sebuah perusahaan besar memiliki kemampuan untuk menyampaikan keluhan tentang pesaingnya di forum publik terbuka, mereka mungkin akan melakukannya,” kata Don Platt, direktur Pusat Pendidikan Bandara Luar Angkasa di Institut Teknologi Florida di Titusville.

“Anda harus mempertimbangkan sumbernya. Mereka tidak akan mau menyerahkan kunci industri luar angkasa kepada SpaceX. Dan sekarang, tampaknya itulah yang terjadi,” kata Platt.

“Ini bukan karena adanya ketidakadilan di pihak pemerintah, atau semacamnya. Hanya saja SpaceX berhasil menjalankan tugasnya.

Tidak termasuk potensi misi Starship, roket SpaceX bertanggung jawab atas 46 dari 49 peluncuran orbit Space Coast sepanjang tahun ini. United Alliance juga telah meluncurkan tiga peluncuran lagi, sementara pejabat Blue Origin berharap dapat mulai meluncurkan roket New Glenn pada akhir tahun ini.

Ketiga perusahaan antariksa tersebut bersaing untuk mendapatkan kontrak NASA. Ketegangan meningkat antara SpaceX dan Blue Origin setelah NASA memilih Starship untuk mendaratkan manusia di bulan melalui program Artemis. Blue Origin telah mengajukan gugatan terhadap NASA, menyatakan bahwa Starship “sangat kompleks dan berisiko tinggi.”

Pada tahun 2023, NASA siap menambahkan sistem pendaratan manusia kedua ke dalam program Artemis. NASA telah memilih pesawat ruang angkasa Blue Moon milik Blue Origin untuk mendaratkan astronot di bulan bersama pesawat ruang angkasa Starship selama misi masa depan.

Blue Origin dan ULA memperingatkan bahaya rudal Starship

Administrasi Penerbangan Federal AS sedang bersiap untuk mengeluarkan Pernyataan Dampak Lingkungan untuk Starship sebagai bagian dari proses sertifikasi untuk mengizinkan peluncuran di masa depan dari Kennedy Space Center. Secara terpisah, Angkatan Udara AS sedang melakukan studi lingkungan mengenai tujuan SpaceX memindahkan peluncuran Starship-Super Heavy ke Launch Complex 37 di Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral pada tahun 2026.

READ  Bima Sakti "berriak" seperti kolam, dan para ilmuwan akhirnya mungkin tahu mengapa

Dalam surat mereka kepada FAA, Blue Origin dan United Alliance memperingatkan serangkaian risiko yang terkait dengan Starship. Di antara kekhawatiran perusahaan adalah:

  • Pengoperasian Starship Super Heavy diperkirakan memiliki dampak lingkungan yang lebih besar daripada sistem peluncuran mana pun yang beroperasi di Space Coast, kata Blue Origin, sambil mencatat bahwa roket dua tahap tersebut “dapat membawa hingga 5.200 metrik ton metana cair untuk penggerak.”
  • Mendaratkan booster di Pad 39A, dibandingkan menggunakan kapal tak berawak di Samudera Atlantik, “mengalihkan risiko kegagalan sistem ke komunitas, bisnis, dan lingkungan di sekitar Kennedy Space Center,” kata United Launch Alliance.
  • Blue Origin telah menyatakan keprihatinannya mengenai keselamatan karyawan dan asetnya jika terjadi gangguan, dengan menyebutkan kekhawatiran mengenai penyebaran puing-puing, tekanan ledakan yang berlebihan, ledakan sonik, ledakan, kebakaran, kebisingan, racun di atmosfer, dan bahan berbahaya.
  • Nonaktifkan peluncuran lainnya. “SpaceX berupaya untuk berulang kali meluncurkan roket terbesar yang pernah ada dari dua lokasi peluncuran dalam wilayah enam mil. Hanya satu lokasi peluncuran Starship kemungkinan akan mengganggu peluncuran lain di wilayah tersebut dan menyebabkan dampak lingkungan yang signifikan,” kata ULA.

Penduduk lokal juga menyuarakan keprihatinan lingkungan tentang Starship

Pejabat FAA menerima komentar publik tentang Starship hingga 24 Juni, dan juga mendengarkan komentar dari kelompok Brevard. Pada pertengahan Juni, badan federal mengadakan hari terbuka untuk umum di Radisson Resort di Pelabuhan Cape Canaveral dan Kompleks Pengunjung Pusat Antariksa Kennedy. Situs web proyek terletak di faa.gov/space/stakeholder_engagement/spacex_starship_ksc

Dalam suratnya kepada FAA, Presiden Masyarakat Margasatwa Pulau Merritt Charlie Venuto memuji penggunaan kembali Launch Pad 39A untuk Starship — terutama dibandingkan dengan opsi untuk membangun kompleks peluncuran baru di properti Kennedy Space Center yang belum dikembangkan.

Namun, MIWA yang berbasis di Titusville berpendapat bahwa studi lingkungan FAA harus mengatasi berbagai dampak lingkungan dari Starship, seperti:

  • Sistem pengelolaan air hujan berkualitas untuk melindungi Danau Sungai Indian yang terancam secara ekologis.
  • Pengaruh pencahayaan buatan terhadap penyu yang bersarang, burung yang bermigrasi dan bersarang, serta satwa liar di malam hari.
  • Dampak kumulatif terhadap kualitas udara, kerusakan ozon stratosfer, perusakan habitat, kemampuan untuk mempraktikkan teknik pengelolaan konservasi seperti pembakaran terkendali, dan emisi karbon, dengan mempertimbangkan roket New Glenn milik Blue Origin.

Dalam surat setebal 10 halaman, para pejabat Suaka Margasatwa Nasional Pulau Merritt mencatat bahwa studi lingkungan yang dilakukan oleh Kennedy Space Center dan Cape Canaveral Space Force Station “tampaknya merupakan tindakan yang saling terkait dan dipertimbangkan secara terpisah, sehingga membuat dua analisis dampak, termasuk.. “Dampak kumulatifnya kurang efisien, kurang komprehensif, dan memerlukan saling melengkapi yang signifikan di antara keduanya.”

READ  Bulan stroberi raksasa untuk bulan Juni akan mengambil alih langit pada Selasa malam

Asosiasi Perikanan Tenggara berkomentar bahwa mereka mendukung upaya pertahanan nasional dan eksplorasi ruang angkasa. Namun, kelompok tersebut ingin studi FAA mencakup dampak fisik, sosial dan ekonomi dari Starship terhadap semua pemangku kepentingan, termasuk keluarga nelayan, komunitas lokal, bisnis, restoran, fasilitas penginapan dan industri pariwisata Florida.

Pakar luar angkasa dari University of Central Florida: Memiliki banyak perusahaan luar angkasa yang kuat adalah kuncinya

Dalam sebuah email, Phil Metzger, direktur Pusat Penelitian dan Pendidikan Gayaberat Mikro Stephen W. Hawking di Universitas Central Florida, mengatakan dia yakin pernyataan ULA tentang Starship adalah adil, karena meminta FAA untuk melakukan tugasnya dengan tetap mempertimbangkan potensi dampak terhadap lingkungan, masyarakat sekitar, dan peluncuran operasi.

“Mereka menyatakan bahwa negara berkepentingan untuk memiliki beberapa perusahaan peluncuran yang sehat untuk menjamin akses ke ruang angkasa sehingga operasi satu perusahaan tidak menutup pesaingnya. Saya pikir ini semua sah dan harus ditekankan,” kata Metzger. .

Namun, dia yakin Blue Origin membuat “kesalahan serius” dengan mengusulkan pembatasan kecepatan peluncuran Starship.

“Ini akan menjadi solusi yang paling tidak kreatif dan tidak berguna terhadap potensi masalah di Cape Town,” kata Metzger.

“Ruang angkasa menjadi semakin penting bagi dunia, bagi keamanan nasional, dan bagi kemakmuran ekonomi, dan Amerika Serikat perlu meningkatkan tingkat peluncuran – dari semua penyedia – bukan menciptakan batasan yang pada akhirnya akan merugikan setiap perusahaan dan negara secara keseluruhan. ” dia berkata.

Untuk berita terkini dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral dan Pusat Antariksa Kennedy NASA, kunjungi floridatoday.com/space.

Brooke Edwards adalah reporter luar angkasa untuk Florida Today. Hubungi dia tempat [email protected] Atau di X: @Brooke Bintang.

Ruang angkasa penting bagi kami, itulah sebabnya kami berupaya memberi Anda cakupan premium untuk industri dan peluncuran di Florida. Jurnalisme membutuhkan waktu dan sumber daya seperti itu. Tolong dukung dia dengan berlangganan di sini.