BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Caden dan 1Engage menandatangani nota kesepahaman untuk mendukung transformasi model bisnis UKM di Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta Pada Selasa, 9 Januari 2024, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan 1ENGAGE mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman untuk mendukung transformasi model bisnis usaha kecil, menengah, dan mikro. (usaha mikro, kecil dan menengah) di Indonesia dengan menyediakan solusi digital yang komprehensif melalui e-UMKM Naik Kelas Jadi #BintangDigital Program tersebut, menurut siaran pers yang diterimanya sebuah langkah Rabu.

Kemitraan strategis antara Kadin Indonesia, organisasi payung dunia industri dan bisnis Indonesia, dan 1ENGAGE, lembaga teknologi pemasaran yang sedang berkembang sebagai pemimpin dalam solusi teknologi e-UMKM, dinyatakan mewakili langkah maju dalam mendukung pertumbuhan UKM Internet. dengan memberikan akses yang setara terhadap solusi digital.

MoU tersebut menekankan kerja sama untuk mengembangkan solusi digital yang memenuhi kebutuhan unik usaha mikro, kecil, dan menengah. Fokus utama dari ruang lingkup MoU ini adalah untuk memanfaatkan WhatsApp sebagai platform pengiriman pesan terbesar di Indonesia menjadi alat dan strategi inovatif untuk memperluas peluang operasi online bagi UMKM, serta meningkatkan daya saing dan kehadiran mereka secara komprehensif.

Hal ini juga sejalan dengan rencana kemitraan komprehensif (one-stop-shop model) yang diusulkan Kadin Indonesia dimana UMKM difasilitasi untuk mengadopsi transformasi digital guna meningkatkan produktivitas melalui praktik berkelanjutan.

Vice President Entrepreneurship Kaden Indonesia, Aldi Hariopratomo menyambut baik penandatanganan MoU dengan 1ENGAGE sebagai salah satu solusi komprehensif untuk mempercepat pertumbuhan UMKM nasional.

“Kami berkolaborasi dengan 1ENGAGE berdasarkan visi bersama untuk memberikan solusi komprehensif guna mendukung percepatan pertumbuhan UKM online di Indonesia, serta memastikan UKM dapat merasakan manfaat inovasi digital tanpa terkecuali,” kata Aldi. “Juga menjadi anggota Kadin Indonesia melalui program e-UMKM secara gratis dan berkesempatan memperoleh dana hibah untuk mengembangkan bisnis onlinenya.”

READ  "Seperti Maret tahun lalu, saya tidak pernah menginginkannya lagi."

Pada tahun pertama, program e-UMKM bertujuan untuk membawa satu juta UMKM Indonesia ke level selanjutnya menjadi… #BintangDigital Melalui pelatihan dan pendampingan bisnis online, pemanfaatan media promosi digital untuk pengembangan usaha, dan perlindungan hukum melalui kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Aldi menambahkan: #BintangDigital Gelar tersebut akan diberikan kepada setiap UMKM yang berhasil mengembangkan usahanya sehingga menjadi teladan dan aspirasi nyata bagi pengusaha lainnya serta mampu menjadi penggerak keberlanjutan program. Saya sangat yakin dengan potensi UMKM kita. Jadi saya yakin akan banyak #BintangDigital yang datang dari berbagai sektor dan provinsi di seluruh Indonesia.

Yap Kok Leong (KL), CEO 1ENGAGE, mengaku senang bisa bekerja sama dengan Kadin.

“Kami sangat gembira dapat bekerja sama dengan Kadin Indonesia dalam memberikan solusi menyeluruh yang memanfaatkan kekuatan WhatsApp, saluran perpesanan yang digunakan oleh lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia,” kata Yap Kok Leong, yang juga dikenal sebagai KL.

Namun, selain peran besar WhatsApp, KL menyoroti tiga faktor yang menjamin keberhasilan program ini, yaitu:

1. Video awareness untuk meningkatkan awareness UMKM terhadap program e-UMKM

2. Pelatihan daring dan luring untuk panduan pemanfaatan teknologi

3. Solusi pemasaran berbasis teknologi berupa Customer Data Platform (CDP) serta fitur pemasaran digital lainnya.

Penandatanganan MOU ini merupakan kelanjutan dari penunjukan 1ENGAGE sebagai Marketing Technology Partner oleh GSMA APAC dan Meta, pada acara GSMA: M360 APAC di Seoul pada bulan September 2023.

Aldo Rampi, Head of Industry Meta Indonesia, percaya bahwa penandatanganan MoU merupakan solusi yang bagus untuk meningkatkan transformasi digital UKM di Indonesia. “Kami tentunya sangat bersemangat dan mendukung terlaksananya program kerja sama ini,” kata Aldo.

READ  Lebih banyak minyak sawit dan lebih sedikit deforestasi? Taruh sapi di antara pepohonan

Kemitraan yang dibangun antara Kadin Indonesia dan 1ENGAGE menunjukkan komitmen bersama untuk memastikan seluruh UKM di Indonesia dapat memperoleh manfaat dari solusi digital inklusif, mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di era digital.

Penandatanganan MoU akan dilanjutkan dengan peluncuran solusi digital bagi usaha mikro, kecil dan menengah yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2024.

TEMPO.CO

Pilihan Editor: 10 negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita pada tahun 2023

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News