BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

China ingin bekerja sama dengan Eropa untuk perdamaian

China ingin bekerja sama dengan Eropa untuk perdamaian

internasional4 Mar ’23 14:04pengarang: AP

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan pada malam kongres rakyat tahunan di China bahwa negaranya melihat “tidak ada konflik atau ketidaksepakatan strategis mendasar” dengan Eropa. Ketegangan antara kedua wilayah telah meningkat selama setahun terakhir karena China terus mendukung Rusia meskipun Rusia menginvasi Ukraina.

Juru bicara Wang Zhao tidak mengomentari perang tersebut. Dia mengatakan, bagaimanapun, bahwa Eropa dan China harus “memberikan solusi politik bersama untuk memecahkan masalah regional dan internasional dan berkontribusi pada perdamaian dunia.”

Baca juga | China terus mengancam jet tempur di Taiwan

China melihat “tidak ada konflik atau ketidaksepakatan strategis mendasar” dengan Eropa. (Badan Pelabuhan Nasional/Badan Perlindungan Lingkungan Hidup)

Pada saat yang sama, Wang menyatakan bahwa pengeluaran militer China akan terus meningkat. Pada 2022, anggaran pertahanan sudah meningkat 7,1 persen. Peningkatan persamaan direncanakan untuk tahun ini.

“Tetapi negara lain tidak perlu merasa terancam oleh modernisasi militer kita,” kata Wang. China menghabiskan paling banyak untuk militernya setelah Amerika Serikat dari semua negara.

Kongres Rakyat

Hampir 3.000 delegasi Partai Komunis China (CPC) berada di ibu kota China, Beijing, selama sepekan sejak Minggu untuk menghadiri pertemuan tahunan Kongres Rakyat.

Sejumlah janji politik penting telah dibuat untuk tahun ini. Pengamat berasumsi bahwa Perdana Menteri Li Keqiang dan Wakil Perdana Menteri Liu He saat ini akan mengundurkan diri. Li Qiang dan He Lifeng, yang merupakan rekan dekat Presiden Xi Jinping, akan menggantikan mereka.

READ  Harapan hidup di AS turun lagi | Luar negeri