BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Codec Video HandBrake Mendapat Dukungan untuk Codec AV1 – Komputer – Berita

Di dunia penyiaran, maksud saya dengan saluran TV “lama”, selalu butuh beberapa saat sebelum codec baru menjadi standar. Rantainya sangat rumit, karena Anda harus berurusan dengan banyak penyedia dan pihak OTT seperti NLZiet.

Saya perhatikan bahwa masih sangat sedikit saluran ULTRA 4K yang tersedia di platform ini, karena biaya pemilik saluran TV menjadi 4 kali lebih tinggi saat mereka meningkatkan saluran HD mereka ke saluran 4K. Ini karena codec yang digunakan untuk menghasilkan sinyal TV menjadi semakin kompleks dan sulit dihitung. Dalam dunia penyiaran, kita semua setuju bahwa saluran 4K harus memiliki codec HEVC. Selain itu, kecepatan bingkai telah berubah dari 25fps menjadi 50fps. Perjanjian ini diperlukan karena produsen penerima dan/atau TV harus memasarkan produk yang harus bertahan minimal 5 tahun dengan penyedia dan pemancar harus bekerja dalam 4K. Ini juga harus semurah mungkin untuk diproduksi, jadi biasanya tidak ada chip tambahan yang diambil untuk AV1, karena biaya tambahan. Ini biasanya terjadi pada decoder.

Untuk menghasilkan sinyal TV 4K, saya mencoba menghasilkan output real-time melalui CPU, tetapi itu tidak mungkin kecuali Anda bersedia menghabiskan 20k+ untuk mendapatkan CPU. Untungnya, solusi perangkat keras ASIC kini tersedia, seperti NETINT (pelanggan besar mereka adalah Netflix), yang telah mengembangkan perangkat keras khusus untuk penyandian waktu nyata. Dengan solusi mereka, Anda dapat membeli server penyimpanan, dan di mana disk dimasukkan lagi, Anda dapat meletakkan perangkat kerasnya. OS melihat kartu ini sebagai disk, dan dengan SDK atau FFmpeg Anda dapat melakukan transkode secara paralel. Netflix secara signifikan mengurangi supply farm, karena solusi ini memungkinkannya untuk menggeser efek biaya dan juga piston (tentu berguna di pasar listrik saat ini). Anda juga dapat menggunakan GPU untuk mentranskode (yang dilakukan sebagian besar pihak sekarang), tetapi perangkat keras tersebut seringkali lebih besar dari CPU atau disk dan sulit dikonfigurasi di server yang ringkas. Selain itu, menghabiskan banyak energi dan hasilnya tidak selalu memuaskan untuk penggunaan profesional (pendapat pribadi). Saya telah berbicara dengan NETINT dan IBC dan mereka berencana untuk merilis kartu perangkat keras AV1, karena mereka memperhatikan bahwa layanan streaming secara khusus ingin beralih ke AV1 karena biaya lisensi.

READ  Quin Dokters menjual praktik mereka sendiri lagi

[Reactie gewijzigd door Xieoxer op 30 december 2022 16:54]