BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Demonstran turun ke jalan-jalan di Beograd untuk memprotes acara Pride

Demonstran turun ke jalan-jalan di Beograd untuk memprotes acara Pride

Badan Perlindungan Lingkungan

NOS. Berita

Ribuan pengunjuk rasa agama dan sayap kanan turun ke jalan di Beograd untuk berdemonstrasi menentang kedatangan acara Kebanggaan Gay di ibukota Serbia. Pemerintah Serbia telah melakukannya kemarin Dia mengumumkan pembatalan acara karena takut kerusuhan.

Beograd akan menjadi tuan rumah yang disebut Karier EuroPrideIni adalah acara yang berlangsung di kota Eropa yang berbeda setiap tahun. Namun Presiden Aleksandar Vucic mengatakan kemarin bahwa itu akan dibatalkan atau ditunda. Selain ketakutan akan kerusuhan, kata Vucic, situasi ekonomi dan meningkatnya ketegangan dengan negara tetangga Kosovo juga berperan.

Protes terhadap acara EuroPride hari ini diselenggarakan dalam prosesi yang dipimpin oleh pendeta dari Gereja Ortodoks Serbia.

Beberapa pengunjuk rasa mengibarkan bendera Rusia dan gambar Presiden Rusia Putin. Serbia adalah satu-satunya negara Eropa yang mendukung Rusia

Pada awal abad ini, parade kebanggaan di Serbia mendapat tentangan sengit dan meningkat menjadi kekerasan. Parade kebanggaan negara baru-baru ini berlangsung damai.

Organisasi LGBT di Tanah Air menanggapi dengan keras pembatalan acara Pride. Mereka mencatat bahwa Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa telah memutuskan bahwa kebanggaan tidak bisa dihapuskan begitu saja oleh pemerintah atau negara.

READ  Pasukan Khusus Inggris memblokir permintaan pemukiman kembali dari pasukan elit Afghanistan