BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dia mencari 1.200 kilometer hutan belantara Australia untuk tabung radioaktif 8mm

Dia mencari 1.200 kilometer hutan belantara Australia untuk tabung radioaktif 8mm

Agen Pers Prancis

Berita NOS

Pihak berwenang di Australia Barat telah membunyikan alarm tentang bahaya radiologi. Mereka mencari tabung perak yang mengandung bahan radioaktif tinggi cesium-137. Tabung tersebut merupakan bagian dari alat ukur pertambangan.

Meteran itu dikemas untuk diangkut ke Perth pada 10 Januari. Dua minggu kemudian, saat dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa mesin tersebut sudah tidak lengkap lagi. Agaknya, itu putus selama pengangkutan dan jatuh melalui lubang di wadah.

Pada jarak 1200 kilometer, sebuah tube dicari, yang bisa dibandingkan dengan perjalanan dari Amsterdam ke Toulouse. Kelemahan bagi para peneliti: Tabung radioaktif berukuran 8 mm kali 6 mm.

Sepuluh x-ray per jam

Sebuah organisasi kesehatan Australia mencatat bahwa tidak ada risiko kesehatan yang signifikan bagi penduduk, tetapi memperingatkan agar tidak mendekati tabung yang hilang lebih dari lima meter.

Paparannya setara dengan sepuluh sinar-X per jam. Lalu ada risiko penyakit radiasi. Siapa pun yang menyentuh tabung dapat mengalami luka bakar atau cedera yang lebih serius.

Pengendara yang telah menempuh rute 1.200 km diminta untuk memeriksa ban pada tabung kecil.

READ  Kemarahan saat lumba-lumba pindah ke 'mandi klorin di gurun' | bagian dalam