BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dokter diet vegan terkenal John McDougall dari Santa Rosa telah meninggal

Heather McDougall mengatakan hasrat ayahnya didorong oleh “keinginan untuk mengatakan kebenaran,” sebuah nilai yang menurutnya ditanamkan orang tuanya dalam dirinya saat dia tumbuh besar di kampung halamannya di Detroit, Michigan.

“Dia ingin mengajarkan Firman kepada orang-orang dan mendorong mereka untuk makan lebih baik dan melindungi lingkungan. Kegembiraan pertamanya dalam hidup adalah membantu orang lain dan keluarganya,” katanya.

Dia memiliki orang-orang yang skeptis dan menentang, terutama sejak awal, beberapa di antaranya menganggap pola makannya ekstrem atau tidak berkelanjutan. Namun, penelitian yang lebih baru tampaknya mendukung manfaat kesehatan dari pola makan nabati. Sebuah studi yang diterbitkan oleh University of California, San Francisco pada bulan Mei menemukan bahwa pria dengan kanker prostat dapat secara signifikan mengurangi peluang mereka menjadi lebih buruk dengan makan lebih banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan hanya sedikit daging, produk susu, dan sedikit daging. ikan.

Sebuah keberuntungan

MacDougall menderita stroke parah pada usia 18 tahun yang membuatnya lumpuh sementara di sisi kirinya, yang menurutnya dalam otobiografinya di situs webnya akan membuatnya lemah selama sisa hidupnya. Dia berjalan dengan pincang.

Namun, dia menganggap kejadian itu sebagai “salah satu keberuntungan besar dalam hidup saya”, yang menginspirasi dia untuk pergi ke sekolah kedokteran di mana dia bertemu Mary, seorang perawat bedah, di ruang operasi pada tahun 1971.

“Dia adalah perawat pribadinya. Dia jatuh cinta padanya. Dia mencoba meyakinkannya untuk berkencan dengannya. Akhirnya dia setuju dan tiga bulan kemudian mereka menikah,” kata Heather McDougall.

Pada tahun 1972 pasangan tersebut pindah ke Hawaii di mana mereka memulai sebuah keluarga dan dokter muda tersebut menyelesaikan masa magangnya. Ia juga bekerja sebagai dokter umum di Perusahaan Gula Hamakua. Di sana dia menemukan pekerjaan hidupnya.

READ  Coronavirus AS: Para ahli mengatakan kita harus melakukan sesuatu yang dramatis untuk melindungi AS dari Covid-19

Pada tahun 2010, Press Democrat menyatakan: “Pasien peternakan saya mengajari saya cara makan. Generasi pertama Jepang, Filipina, dan China menjalankan pola makan yang sama. Mereka sangat bugar dan tidak pernah menderita penyakit jantung, radang sendi, atau diabetes.”

Sedangkan untuk generasi kedua, ceritanya berbeda.

“Anak-anak mereka yang tumbuh di Hawaii mengonsumsi makanan yang lebih kaya, lebih gemuk, dan lebih sakit,” katanya.

“Saya melihat di depan mata saya orang-orang lanjut usia yang sehat dan hidup hanya dengan mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Dengan tambahan dua kelompok makanan pokok lainnya – daging dan susu – keturunan mereka gagal,” tulisnya.

Setelah mendapatkan sertifikasi dewan di bidang penyakit dalam pada tahun 1978, McDougall mulai mempraktikkan pengobatan nutrisi di Hawaii. Dia mulai bersuara, menuntut penghapusan talk dari nasi olahan di Hawaii, Kalifornia, dan Puerto Riko, dan memimpin perjuangan yang sukses untuk mewajibkan ahli bedah memberi tahu wanita penderita kanker payudara tentang pilihan selain operasi.

Pada tahun 1986, dia direkrut untuk menjalankan program MacDougall di Rumah Sakit Kesehatan Advent di St. Helena, sebuah pusat bedah jantung terkemuka, dan pindah bersama keluarganya ke Santa Rosa. Pada tahun 1999, dia juga melakukan presentasi jarak jauh dari hotel di Minnesota untuk Blue Cross Blue Shield dan untuk perusahaan supermarket di Florida. Pada tahun 2002, McDougal menjadi mandiri dengan lokasi permanen di luar The Flamingo Resort, di mana orang-orang datang selama 10 hari untuk mempelajari “cara hidup baru,” kata Jill Nocino, ahli gizi, pendidik kuliner, dan penulis buku masak dari Gualala yang pernah bekerja dengan McDougal selama bertahun-tahun.

“Hal ini membuat ribuan orang melihat apa yang mereka lakukan dan membuat perubahan besar demi kesehatan dan kebaikan mereka,” katanya.

READ  Hari AIDS Sedunia 2023 – acara di Jenewa dan di seluruh dunia

Keluarga McDougall kehilangan rumah mereka dalam Kebakaran Topps pada tahun 2017. Pada tahun yang sama McDougall pensiun dari menjalankan program tersebut, tetapi tetap aktif sebagai pembicara dan di saluran YouTube-nya.

“Dia mendefinisikan ulang cara saya memandang kedokteran,” kata Dr. Anthony Lim, yang mengambil alih jabatan direktur klinis program tersebut ketika McDougall pensiun. Dia mengatakan bahwa apa yang dia pelajari di sekolah kedokteran dan residensi adalah mengelola penyakit dan kondisi dengan obat-obatan. Namun dia mengatakan warisan McDougall menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka tidak hanya dapat mengelola gejala tetapi juga mendapatkan kembali kesehatan mereka melalui apa yang mereka makan.

Ketika dia tidak memperjuangkan kesehatan melalui diet, McDougall menikmati selancar layang, jalan-jalan, memancing, dan menghabiskan waktu bersama keluarganya.

“Kami menghabiskan hidup kami dengan berlayar ketika kami tinggal di Hawaii. Dia menyukai petualangan dan menjadi pilot,” kata putrinya, Heather.

Heather McDougall mengatakan tidak jelas apa penyebab kematian ayahnya. “Arterinya rusak karena stroke. Kematian yang ideal adalah seseorang meninggal dalam tidurnya. Itu terjadi sesuai keinginannya. Lebih cepat dari yang kita inginkan, tapi sesuai keinginannya. Saya merasa nyaman dengan hal itu. “

Selain istrinya Mary dan putrinya Heather, dia meninggalkan putranya Craig McDougall dari Lake Oswego, Oregon, dan Patrick McDougall dari Orinda; saudaranya, William McDougall dari Brookings, Oregon; dan saudara perempuannya, Linda Dupuy dari Michigan dan Kay McDougall dari Ekuador, serta tujuh cucu. Pemakamannya akan dilakukan secara pribadi.

Anda dapat menghubungi Staf Penulis Meg McConahey di 707-521-5204 atau [email protected].