BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Duplantis memecahkan rekor lompat galah dunia olahraga lainnya

Pelompat galah Swedia Armand Duplantis memecahkan rekor dunia di kompetisi dalam ruangan di Beograd. Juara Olimpiade berusia 22 tahun itu berhasil mematahkan 6,19 meter pada percobaan ketiganya.

Rekor lama adalah 6,18m sejak awal 2020, saat Duplantis melompatinya selama kompetisi dalam ruangan di Glasgow, Skotlandia. Dalam lompat galah, tidak ada perbedaan antara lompat dalam dan luar ruangan.

‘Mondo’ Duplants mengambil rekor dunia dari orang Prancis Renaud Lavillenie pada awal Februari 2020 di Toru, Polandia, yang mencapai 6,16 m pada tahun 2014. Putra dari ayah Amerika dan ibu Swedia melampauinya satu inci dan sebagus 6,18 meter. minggu kemudian di Glasgow.

Di Beograd, di mana Kejuaraan Atletik Dalam Ruangan Dunia akan berlangsung hanya dalam waktu kurang dari dua minggu, pencapaian baru menyusul dua tahun kemudian. Setelah usahanya berhasil mencetak gol, Duplantis melompat dari karpet dan mengangkat tinjunya ke udara. “Sudah lama sekali. Saya tidak mencapai ketinggian yang menghabiskan banyak usaha, jadi itu sangat memuaskan.” Ini benar-benar kerja keras selama dua tahun terakhir. Saya sangat senang.”

Juara Eropa 2018 dan juara Olimpiade asal Tokyo itu ingin melengkapi daftar penghargaan dengan gelar World Outdoor Championship di Eugene musim panas mendatang. Pada Olimpiade Tokyo musim panas lalu, ia mencoba gagal untuk melompat 6,19. Seperti yang dia katakan, dia sudah mencobanya sekitar lima puluh kali dalam beberapa tahun terakhir.

© AFP