BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Eelco Keune mengubah perusahaan ayahnya menjadi B Corp

Eelco Keune mengubah perusahaan ayahnya menjadi B Corp

Setelah berbulan-bulan mencari, produsen produk penataan rambut asal Belanda, Keune, akhirnya menemukan mitra distribusi yang cocok di China. Namun saat tiba saat rapat untuk menandatangani kontrak, pembalap Elko Keon tiba-tiba meletakkan pulpennya di atas meja.

Seseorang dengan santai menyebutkan bahwa menilai sampo dan hairspray juga memerlukan pengujian pada hewan. Keon menyadari bahwa dia akan memotong pasar raksasa, dan dengan tegas memotong pembicaraan.

‘Mereka mungkin telah Terkejut‘,” kata Keune dalam percakapan dengan MT/Sprout. Tapi itu sangat sederhana, itu melanggar salah satu aturan dasar kami. Dan kemudian berhenti begitu saja.

prinsip kyun

Manajer berusia 48 tahun itu mungkin mewarisi kepatuhan terhadap prinsip-prinsip dari ayahnya, George Keown Sr., yang berbagi manajemen perusahaan dengan 350 karyawan sebagai co-CEO. Sebagai seorang remaja, pengemudi yang sekarang berusia 93 tahun itu adalah seorang distributor majalah Perlawanan selama Perang Dunia II, dan hampir harus melakukannya. membayar nyawanyakan

Setelah perang, Keune Sr. berkembang. Perusahaan (kepada ayahnya Jean) ke puluhan negara. Dia menekankan bahwa Ibn Elko mengalami masalah ini secara dekat, tetapi tidak menerima perlakuan istimewa. Di sisi lain. Saya tentu tidak akan menyebutnya tangan yang kaku, tetapi jelas Anda berdiri dan kaki Anda menginjak tanah. Hanya karena Anda memiliki nama belakang yang sama tidak berarti Anda bisa melakukannya.

Jiwa wirausahanya diuji sejak usia dini. Jika, setelah seharian di Queen’s Market, dia dengan bangga mengatakan kepadanya bahwa dia telah mendapat untung besar dengan menjual botol sampo, ayahnya mengatakan kepadanya bahwa biaya masih harus dipotong.

Bekerja di pabrik adalah pengalaman belajar yang berharga, tetapi dia tidak perlu mengharapkan uang untuk itu. Lagi pula, dia sudah cukup, pikir ayahnya.

Kerjasama antara ayah dan anak

Keune Jr. Pemilik Agensi Iklan CCCP dan Perusahaan Produksi Televisi. Pada 2013, ia bergabung dengan perusahaan ayahnya – saat itu direktur pemasaran. Keduanya bekerja seperti “tangan di atas satu perut”.

Seperti ayahnya, dia ingin mendirikan perusahaan berusia seratus tahun (dan baru-baru ini kepemilikannya) untuk seratus tahun ke depan. Dengan pendekatan yang membedakan bisnis keluarga: tidak berpikir dalam empat tempat, tetapi lintas generasi. Salah satu slogan Kyun Ho adalah ‘Kami memperlakukan Anda seperti keluargakan

Mengapa Anda berurusan dengan kami karena kami adalah “keluarga”?

“Tapi kenapa kamu berurusan dengan kami karena kami ‘keluarga’?” Keon bertanya dengan keras. Lakukan hanya ketika Anda menyadari bahwa kita melakukan hal-hal menarik dalam jangka panjang.

READ  Tanpa logam Rusia, roda gigi macet

Bagaimanapun, ikatan keluarga tampaknya kuat antara ayah dan anak. Tidak banyak orang yang masih makan sandwich setiap sore bersama ayah mereka yang berusia 93 tahun, keinginan Keon.

“Saya menghargai kemampuan kita untuk melakukan ini bersama-sama dan membawa perusahaan ke 100 tahun ke depan. Ini berjalan selaras. Tetapi ayah saya sering mengajukan pertanyaan kritis. Jika saya memiliki jawaban yang bagus, saya belum pernah melihatnya menolak apa pun.”

Eelco Keune ingin membuat tandanya sendiri

Hubungan baik atau tidak, generasi ketiga Keon jelas membuat tandanya sendiri di perusahaan. Bekerja fleksibel menemukan evolusi logis. Inilah satu-satunya hal yang membedakan ayah dan anak itu.

Keon: “Ayah saya membuat perusahaan ini hebat dengan memberi tahu orang-orang dengan sangat jelas apa yang harus dilakukan. Saya melihat seperti apa generasi saat ini. Ini tidak harus menghasilkan uang, tetapi juga menjadi bermakna dan mampu mengembangkan diri sendiri. Ini membutuhkan memberi orang kebebasan untuk mengambil pilihan mereka sendiri.

Mitra bisnis untuk penata rambut

Keune semakin bertindak sebagai mitra bisnis untuk penata rambut. Misalnya, mereka dapat menggunakan alat online untuk memeriksa poin di mana mereka dapat meningkatkan omset dan kunjungan kembali. Dan belajar dari contoh sukses dari salon lain. Perusahaan meluncurkan platform online yang memungkinkan penata rambut untuk menjual produk Keune sendiri.

Di mana Keune Sr selalu menyimpan desain botol hair spray dan sampo di tangannya, produk dengan kemasan kini bermunculan. Dirancang oleh Seniman Belanda Josef Klebanski. Pada akhir tahun lalu, perusahaan meluncurkan sejumlah nftskan

Keune menjadi B Corp

Mungkin perubahan terbesar adalah bahwa Keune berada di jalur untuk menjadi B Corp (diharapkan akhir tahun ini). Untuk sertifikasi ini, seluruh unit bisnis diukur dalam skala berkelanjutan. Sebuah proses yang komprehensif bahwa perusahaan harus menghabiskan waktu berbulan-bulan.

Baca lebih banyak: Bagaimana Menjadi B Corp (4 Pengusaha Belanda Berbagi Pelajaran)

Dalam buku pertamanya Laporan Keberlanjutan Perusahaan menetapkan sendiri sejumlah target dampak. Misalnya, pabrik di Soest harus menggunakan setengah dari jumlah air pada tahun 2025 dan semua kemasan harus digunakan kembali pada tahun 2028. Pada tahun 2030, perusahaan bertujuan untuk mengurangi separuh jejak karbonnya.

READ  Mengapa 40 negara berkembang ingin menjadi negara BRICS

“Perbedaan besarnya adalah kami menganggap ini serius seperti tujuan keuangan kami,” kata Keon. Dia mengatakan dia ragu-ragu ketika dia pertama kali mendengar tentang label tersebut. Saya berkata, “Kita tidak perlu bangga dengan diri kita sendiri tentang hal-hal yang kita lakukan dengan baik. Anda cukup melakukannya sebagai sebuah perusahaan.”

Ada dua hal yang mengubah pikirannya. Misalnya, dia melihat bagaimana perusahaan kosmetik lain memanfaatkan plastik daur ulang dengan baik, meskipun ini “terlihat jauh lebih baik daripada yang sebenarnya”. Selain itu, distributor Keune di Brasil, yang berkomitmen untuk melestarikan hutan hujan Amazon, mempertanyakan mengapa perusahaan tersebut belum menerima sertifikasi B Corp.

Sayang sekali orang lain memberi tahu Anda bahwa mereka sangat keren, kata Keon, “sementara kita membuat begitu banyak pilihan moral tanpa ada yang mengetahuinya.” “Tidak ada yang tahu kami tidak di China, atau saya sendiri yang memeriksa perkebunan kelapa sawit.”

Eelco Keune memimpin bisnis keluarga bersama ayahnya, George. Foto: YouTube / Keune Haircosmetics

Titik buta di dalam perusahaan

Dia mengatakan operasi B Corp juga membantu melihat titik buta. Misalnya, apakah semua orang di perusahaan tahu apa sasaran dampaknya? Keon memberi tahu karyawannya tentang pesan B Corp dalam beberapa sesi: “Kami tidak hanya menjual sampo dan pewarna rambut, tetapi cara kami melakukannya juga sama pentingnya.”

Operation B Corp juga memaksa Keune untuk melapor secara teratur. dan melaporkan apakah tujuan yang berkelanjutan telah tercapai atau tidak, seperti proyek pendidikan dan pengurangan kemiskinan di Brazil dan Indonesia.

Ini bukan hanya tentang perusahaan, ini tentang planet ini

Verifikasi juga akan dimungkinkan dalam beberapa saat berkat dasbor online, di mana skor rata-rata dalam hal gol akan terlihat oleh semua orang. Keon: Saya pikir orang harus bertindak seperti manusia. Seperti sahabat, Anda tahu bagaimana harus bereaksi ketika stres meningkat. Perusahaan harus bereaksi dengan cara yang sama, dan seharusnya tidak mengejutkan. Bahkan jika sesuatu tidak berhasil, Anda harus memberitahunya dengan jelas.

Keon menyetujui opsi yang berkelanjutan. “Terkadang butuh uang, seperti bersertifikat Minyak sawit, yang lebih mahal. Tapi mungkin aku harus menyimpannya lebih dekat dengan diriku sendiri. Pada akhirnya, ini bukan tentang saya. Kami ingin mewariskan perusahaan ini kepada generasi mendatang. Dan jika Anda mundur selangkah lagi, ini bukan hanya tentang perusahaan, ini tentang planet ini.

READ  Dalam perjalanan ke Keti Koti 2022 - Bagian 17 - Dagblad Suriname

Penata rambut profesional

Keune telah berfokus pada penataan rambut selama seratus tahun. Keon ingin mempertahankan “kesetiaan penata rambut”, tetapi itu membutuhkan penyesuaian dengan era baru. Keune: Anda tidak akan menemukan kami di grosir atau di tempat di mana kami bisa menghasilkan banyak uang. Kami semua menutup itu. Bahkan jika itu menyakiti kita dan merugikan kita jutaan.

Menjadi grosir Penjahit ElektronikKeon melihat. Perusahaan menghasilkan uang dari saluran online yang berkembang, “tanpa harus melakukan apa-apa.” “Karena siapa yang menentukan preferensi merek? Itu kami karena kami yang membuatnya, dan penata rambut karena mereka menggunakannya. Anda harus memotong yang lainnya, karena tidak ada nilai tambah.”

Pandemi corona sebagai ujian

Menurut dia, prinsip tersebut tidak menyimpang dari prinsip tersebut pada saat low point wabah Corona, ketika omzet perusahaan nyaris terhenti. “Kami tidak punya tempat untuk menyimpan produk kami, seluruh dunia tata rambut terkunci.”

Maka masuk akal untuk pergi dan menjual di supermarket. Atau seperti yang Anda pikirkan, kami akan membuka saluran e-commerce kami sendiri tanpa dapat dimanfaatkan oleh penata rambut. Kami tidak membuat pilihan itu. Kami mengatakan bahwa kami sekarang harus berdiri bahu-membahu.

Kemudian orang-orang memperhatikan bahwa Anda tetap setia pada apa yang Anda yakini

Selama pandemi, Keune membuat platform yang digunakan oleh penata rambut (termasuk pengusaha yang bukan klien Keune) uang mengalir Atur dengan menjual kupon secara online. Kemudian orang-orang memperhatikan bahwa Anda tetap setia pada apa yang Anda yakini. Ini bukan cerita omong kosong, dan kami tidak membiarkan diri kami tergoda oleh keuntungan jangka pendek.

Yang membuat perbedaan, kata Elko Keon, adalah bahwa perusahaan “untungnya” tidak berada di bawah tekanan dari pemegang saham luar. “Kita bisa bergerak kontra-siklus.”

Bagaimana reaksi CEO jika, paling buruk, penjualan tersendat lebih lama dan perusahaannya terancam kolaps? Kemudian saya percaya pada prinsip-prinsip penskalaan daripada mengesampingkannya.

Baca lebih lanjut tentang bisnis keluarga: