BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

F-16 Norwegia ke Dragon International dan Rumania • Pilot & Penerbangan

F-16 Norwegia ke Dragon International dan Rumania • Pilot & Penerbangan

OSLO – Badan Materiel Pertahanan Norwegia (NDMA) telah menandatangani kontrak dengan Dragon International untuk penjualan dua belas jet tempur F-16. Perusahaan juga menyelesaikan penjualan 32 F-16 Norwegia ke Rumania. Negara ini bersedia membayar $ 385 juta untuk jet tempur.

Tunduk pada persetujuan resmi oleh otoritas AS dan Norwegia, pesawat pertama diharapkan akan dikirim ke Rumania pada akhir tahun depan dan ke Dragon International pada akhir tahun ini.

F-16 menjalani perawatan dan perombakan di Kongsberg Aviation Maintenance Services (KAMS) sebelum dijual ke pelanggan baru. Kontrak pertama diberikan pada Maret 2021, setelah pesawat tempur dinonaktifkan oleh Angkatan Bersenjata Norwegia.
Perpanjangan kontrak kedua mencakup penggantian mesin. Pekerjaan akan dilakukan di fasilitas perusahaan di Kjeller, dekat Oslo.

Menurut KAMS, armada F-16 pertama dibawa ke status operasional dan kemudian dipelihara untuk memastikan F-16 siap untuk kembali beroperasi.

READ  Willem-Alexander berbagi, 'Orang-orang merasa ditipu oleh saya