BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Galaxy Cluster Warp Ruang dan Waktu, James Webb Telescope ditampilkan

Galaxy Cluster Warp Ruang dan Waktu, James Webb Telescope ditampilkan

Kuda laut kosmik
ESA/Webb, NASA & CSA, J. Rigby

  • Teleskop James Webb NASA telah merilis gambar kosmik baru dari “busur dan garis” galaksi di luar angkasa.
  • Galaksi membengkokkan ruang dan waktu dalam fenomena yang dikenal sebagai pelensaan gravitasi.
  • Efek ini juga membantu memperbesar galaksi yang jauh.

Gambar baru “busur dan garis” galaksi di ruang angkasa yang dirilis oleh Teleskop James Webb NASA menunjukkan seperti apa fenomena yang disebut pelensaan gravitasi.

Pelensaan gravitasi adalah distorsi literal ruang-waktu. Terjadi ketika benda langit dengan gaya gravitasi yang besar “menyebabkan kelengkungan ruang-waktu yang cukup sehingga jalur cahaya di sekitarnya secara visual ditekuk, seolah-olah oleh lensa”, Badan Antariksa Eropa menjelaskan.

Pada dasarnya, bola tersebut mengubah galaksi dan bintang di belakangnya menjadi seseorang yang melihat dari jauh.

Pelensaan gravitasi juga memiliki efek pembesar, yang berguna bagi ilmuwan yang mempelajari galaksi jauh yang sangat sulit dikenali. Gugus galaksi SDSS J1226+2149 yang ditunjukkan dalam gambar terbaru ini terletak sekitar 6,3 miliar tahun cahaya jauhnya, di konstelasi Coma Berenices, menurut Badan Antariksa Eropa.

Karena efek ini, NIRCam, webcam near-infrared utamanya, mampu menangkap gambar kamera yang lebih jelas dan terang. Galaksi kosmik kuda laut Tampak sebagai “busur distorsi yang panjang, cerah, dan menyebar di dekat jantung” di kuadran kanan bawah.

Teleskop luar angkasa revolusioner, yang terus menangkap beberapa gambar paling jelas dan paling tajam dari jangkauan jauh alam semesta, tahun lalu secara gravitasi mengambil gambar gugus galaksi SMACS 0723. Gambar “Deep Field”, yang merupakan gambar penuh warna pertama gambar yang diungkapkan NASA dari Webb pada 11 Juli Galaksi berusia lebih dari 13 miliar tahun.

READ  Tonton saat SpaceX meluncurkan 49 satelit Starlink ke orbit pada 31 Januari
Gambar inframerah medan dalam pertama dari James Webb Space Telescope, dirilis 11 Juli 2022.
NASA, ESA, CSA, dan STScI

Gambar-gambar tersebut, dirilis pada bulan Oktober, termasuk sekelompok bintang yang berjarak 5,6 miliar tahun cahaya. Cahaya dari sistem MACS0647-JD dibengkokkan dan diperkuat oleh gravitasi masif gugus galaksi MACS0647.