BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gembong narkoba paling dicari di Kolombia ditangkap setelah bertahun-tahun berburu

Selain perdagangan narkoba internasional, klan Del Golfo juga terlibat dalam penambangan ilegal dan, menurut pengadilan Kolombia, juga bersalah atas pembunuhan, pemerasan, dan pencucian uang.

Ribuan anggota geng telah ditangkap selama bertahun-tahun, terkadang di luar Kolombia. Banyak kerabat Usuga juga telah ditangkap atau dibunuh, tetapi pemimpin geng itu sendiri selalu berhasil melarikan diri dari polisi.

Petugas terkadang menemukan gubuk-gubuk kosong dengan TV layar lebar, parabola, dan botol-botol minuman keras yang mahal, tetapi tidak ada tanda-tanda gembong narkoba itu sendiri. Dia menggunakan beberapa trik untuk menghindari tangan polisi, seperti anjing terlatih untuk memperingatkannya tentang penyusup.

500 orang dikerahkan dan 1 pelanggan meninggal

Setelah 2016, pencarian Osuga semakin intensif. Puluhan anggota geng dari lingkungan sekitarnya dibunuh atau ditangkap, pengadilan mengejar uangnya dan tindakan polisi yang terus berlanjut memaksanya untuk mencari tempat persembunyian baru. Pada 2017, sebuah video muncul di mana pemimpin geng menawarkan untuk menyerah, tetapi ini tidak mengarah pada penangkapannya.

Polisi kini telah berhasil melacaknya. Pada hari Jumat, 500 petugas keamanan dikerahkan ke pekerjaan polisi dengan nama Operasi Osiris. Usuga akhirnya ditangkap di Uraba, sebuah daerah pedesaan di provinsi Antioquia. Seorang petugas tewas dalam proses tersebut.

READ  'Sapi terkecil di dunia' menarik banyak perhatian di sebuah peternakan di Bangladesh | di luar negeri