BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gempa bumi Indonesia menewaskan puluhan orang di Sulawesi

Gempa kuat melanda Indonesia hari ini. Banyak nyawa ditakuti, dan setidaknya puluhan orang tewas di Sulawesi.

Korban tewas akibat gempa bumi yang melanda pulau Sulawesi di Indonesia – pada saat penulisan, tak lama sebelum Jumat malam, meningkat menjadi 42. Lebih dari enam ratus orang terluka dalam gempa berkekuatan 6,2 skala Richter. Ribuan warga pulau telah dievakuasi.

Kerusakan serius pada gedung dan bandara

Pusat gempa berada di sekitar situs Majin Barat, tempat banyak kerusakan terjadi. 34 mayat ditemukan di kota tetangga Mamuju. Beberapa bangunan rusak, termasuk ratusan rumah, bandara, dan kantor gubernur. Sebuah rumah sakit dan hotel runtuh di kota berpenduduk 110.000 itu.

Citra kekacauan setelah gempa bumi di Indonesia
Gempa tersebut menyebabkan banyak kerusakan. Foto: Getty Images / Sar Hidayatullah

Masih ada orang di reruntuhan, tetapi tidak jelas berapa banyak orang yang hilang di sana. Tim Palang Merah membantu mencari dan memberikan bantuan medis, air minum, terpal, dan komoditas lainnya.

Palang Merah Indonesia mencari di bawah reruntuhan

Ini seperti mencari orang yang selamat di bawah reruntuhan dan merawat yang terluka Palang Merah “Sekarang adalah prioritas utama,” kata Jan Gelfand, presiden Palang Merah Internasional di Indonesia. “Jam pertama sangat penting untuk menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa. Kami bekerja sepanjang waktu untuk membantu yang terinfeksi, melindungi mereka dari virus Corona, dan memberikan bantuan kepada ribuan orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka.”

Menurut media setempat, operasi penyelamatan terhenti karena hujan deras.

Gempa terjadi sekitar pukul 2 pagi (waktu setempat) dan menimbulkan kepanikan. Getarannya bisa dirasakan selama tujuh detik. Beberapa jam setelah gempa, lusinan gempa susulan terjadi.

Gambar petugas penyelamat di Indonesia
Petugas penyelamat setelah gempa bumi Indonesia. Foto: AFP / Azouar Ibanek

Gempa kedua di Indonesia dalam beberapa jam

Beberapa jam lalu, kawasan itu sudah dilanda gempa berkekuatan 5,9 skala Richter. Menurut Badan Penanggulangan Bencana, rangkaian gempa bumi selama 24 jam terakhir telah menyebabkan sedikitnya tiga kali longsor dan memutus aliran listrik.

BACA JUGA: Trump is an American Dream adalah film dokumenter Netflix yang wajib ditonton sekarang

Melihat bug? Email kami. Kami berterima kasih kepada Anda.

Balas artikel:

Gempa bumi Indonesia menewaskan puluhan orang di Sulawesi

READ  Sepertinya kandidat ini berpartisipasi dalam Ekspedisi Robinson 2021