BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gerhana matahari total, terbitnya Mars dan Saturnus, bulan sabit tipis, komet 12P

Gerhana matahari total, terbitnya Mars dan Saturnus, bulan sabit tipis, komet 12P

Pada bulan April 2024, pengamat langit dapat menikmati gerhana matahari total yang dapat disaksikan di seluruh Amerika Serikat, dengan Mars dan Saturnus bertemu di awal bulan, serta Jupiter dan Bulan sabit bertemu pada 10 April. Komet 12P juga akan terlihat sehingga menimbulkan penampakan planet yang padat. Sebulan peristiwa surgawi. Kredit: SciTechDaily.com

Apa sajakah hal menarik dari skywatching di bulan April 2024? Menangkap Mars Dan Saturnus tinggi, dan Jupiter Nongkrong dengan komet 12P. Plus NASA Apakah Anda sedang menuju gerhana total atau menyaksikan dari jauh, Anda dapat menyaksikan gerhana total.

Waktu gerhana total!

Gerhana matahari total akan disaksikan di seluruh Amerika Serikat pada 8 April. Wilayah AS di luar totalitas akan menikmati gerhana sebagian dan dapat bergabung dalam siaran langsung gerhana online NASA!

Highlight

  • Sepanjang bulan – Jupiter adalah cahaya terang dan konstan yang rendah di langit barat setelah matahari terbenam.
  • 8 April – Gerhana matahari total di seluruh Amerika Serikat, saat bayangan bulan bergerak dari Texas ke utara melalui Maine. Di luar jalur totalitas, wilayah benua Amerika lainnya akan menyaksikan gerhana sebagian. Banyaknya sinar matahari yang menutupi bulan pada gerhana maksimum bergantung pada jarak Anda dari jalur totalitas.
  • 8-12 April – Mars dan Saturnus terbit bersamaan sekitar satu jam sebelum matahari terbit. Mereka paling dekat pada tanggal 10 dan 11 April – jaraknya sekitar setengah derajat, atau lebar bulan purnama.)
  • 10 April – Carilah bulan sabit tipis (hanya 7% yang diterangi) yang tergantung di atas Jupiter yang terang di barat setelah matahari terbenam. Komet 12P dapat dilihat dengan teropong atau teleskop kecil sekitar 6 derajat di bawah bulan, tepat di bawah dan di sebelah kanan Jupiter.
  • 23 April – Bulan purnama
Grafik langit terbit Mars April 2024

Bagan langit menunjukkan Mars terbit bersama Saturnus selama minggu kedua bulan April. Mereka akan berada paling dekat pada 10 dan 11 April. Sumber gambar: NASA/JPL-Caltch

Versi video

Apa yang baru di bulan April? Beberapa planet lebih mudah dikenali, masih ada waktu untuk mengamati Komet 12P, dan bagaimana menikmati gerhana matahari bulan ini jika Anda tidak berada di jalur totalitas.

READ  Satelit NASA yang mati kembali ke Bumi setelah 38 tahun

Selama beberapa hari di paruh pertama bulan April, orang yang bangun pagi dapat menyaksikan Mars dan Saturnus terbit bersamaan di pagi hari. Dilihat sekitar setengah jam sebelum matahari terbit, letaknya rendah di timur, sekitar 10 derajat di atas cakrawala. Mereka akan berada pada jarak terdekatnya pada tanggal 10 dan 11 April, namun tetap sangat dekat dengan langit sepanjang minggu kedua bulan April.

Kini, pada malam tanggal 10 April, Anda bisa melihat Bulan dengan Jupiter di sebelah barat. Jupiter mudah dikenali karena cahayanya yang terang dan tidak berkedip, rendah di barat setelah matahari terbenam, sepanjang bulan. Hanya dua hari memasuki fase “bulan baru”, bulan hanya memperlihatkan 7% permukaannya yang diterangi malam ini, membentuk bulan sabit indah yang bersinar di sana bersama planet raksasa Jupiter.

Garis besar bulan sabit di atas langit Jupiter bulan April 2024

Bagan langit menunjukkan Bulan sabit di atas Jupiter dan Komet 12P di langit barat setelah matahari terbenam pada 10 April. Sumber gambar: NASA/JPL-Caltech

Malam ini juga merupakan malam yang baik untuk melihat sekilas Komet 12P/Pons-Brooks, yang menjadi lebih terang dan mudah dilihat dengan teropong atau teleskop kecil, terutama jika Anda menjauh dari terangnya lampu kota. Komet tersebut akan berada tepat di bawah Bulan, dan di sebelah kanan Jupiter, namun Anda harus cepat, karena ketinggiannya turun menjadi kurang dari 10 derajat satu jam setelah matahari terbenam dan kemudian terbenam satu jam kemudian. Jadi, Anda harus melihat cakrawala dengan jelas, dan mencarinya saat senja berakhir. Jika ingin menangkap komet ini segera lakukan, karena jaraknya akan terlalu dekat dengan Matahari di langit untuk dapat diamati setelah pertengahan April, dan nanti ketika mencapai titik terdekatnya dengan Bumi, ia akan menuju ke arah luar. dari Matahari dan semakin redup.

READ  Rusia sedang melakukan perjalanan luar angkasa untuk mengaktifkan lengan robot

Gerhana matahari total tahun 2024

Akan terjadi gerhana matahari total, dan ini merupakan hal yang penting. Kami sangat beruntung bisa melihat dua gerhana total di wilayah luas Amerika Serikat baru-baru ini, yang pertama pada tahun 2017, dan sekarang pada tanggal 8 April 2024. Kali berikutnya gerhana serupa akan melintasi Amerika Serikat adalah 21 tahun dari sekarang. . Jika Anda tinggal di atau dekat jalur totalitas, atau Anda bepergian ke sana untuk menyaksikan gerhana, Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Peta NASA tentang gerhana matahari total tahun 2024 di Amerika Serikat

Gerhana matahari total akan terlihat di sepanjang jalur sempit yang membentang dari Texas hingga Maine pada 8 April 2024. Gerhana sebagian akan terlihat di 48 negara bagian AS yang berdekatan. Kredit gambar: NASA/Studio Visualisasi Ilmiah/Mikala Garrison; Perhitungan gerhana oleh Ernie Wright, Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA

Namun bagaimana jika Anda tidak bisa menyaksikan gerhana total secara langsung? Apa yang bisa Anda harapkan, dan bagaimana Anda tetap bisa menikmatinya? Sebagai permulaan, NASA meliputnya secara langsung secara online, dari berbagai lokasi, saat bayangan bulan bergerak melintasi negeri. Bergabunglah dengan kami untuk menyaksikan gerhana total secara online, apa pun rencana Anda.

Jika Anda berada di mana saja di Amerika Serikat di luar cakupan gerhana matahari total, Anda masih akan mengalami gerhana matahari sebagian. Jumlah matahari yang akan dicakup bulan pada gerhana maksimum bergantung pada seberapa jauh Anda dari jalur totalitas.

Saat mengamati gerhana sebagian, Anda tetap perlu menggunakan pelindung mata khusus, seperti kacamata gerhana, proyektor lubang jarum, atau teleskop dengan filter matahari. Salah satu cara termudah yang sebagian besar dari kita miliki di dapur adalah saringan biasa. Ini adalah kamera lubang jarum luar biasa yang menampilkan gerhana di Bumi. Kecuali itu, serpihan matahari yang merambat melalui dedaunan pohon melakukan hal serupa. Menarik juga untuk dicatat betapa anehnya sinar matahari meredup selama gerhana, terutama di tempat-tempat di mana Bulan menutupi 80% atau lebih piringan Matahari.

READ  Ketekunan NASA Rover Membuang Batu Mars 'Untuk Melihat Sesuatu yang Belum Pernah Dilihat Orang Sebelumnya'

NASA memiliki berbagai sumber daya gerhana untuk membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi peristiwa langit yang menakjubkan ini. Terdapat informasi tentang pengamatan yang aman, peluang ilmu pengetahuan warga, dan Anda juga akan menemukan “Eclipse Explorer”, tempat Anda dapat menemukan detail gerhana untuk kode pos spesifik Anda.

Dari mana pun Anda melihatnya, gerhana matahari merupakan peristiwa yang spektakuler. Jadi tontonlah dengan aman, dan ikuti live streaming online, karena ini adalah acara yang pastinya tidak ingin Anda lewatkan.

Di bawah ini adalah fase bulan di bulan April.

Fase bulan April 2024

Fase bulan April 2024. Sumber gambar: NASA/JPL-Caltech