BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gildisel ditangkap karena penipuan Facebook

Gildisel ditangkap karena penipuan Facebook

Contoh foto

Di Suriname, baru-baru ini puluhan orang ditipu melalui Facebook. Menurut pengiklan, mereka menerima pesan melalui Facebook di mana mereka dijanjikan hadiah, tetapi mereka harus membayar sendiri biaya penanganan dan bea cukai. Setelah beberapa waktu, mereka yang terlibat kembali menerima pesan bahwa paket telah tiba dan mereka harus membayar biayanya ke nomor rekening tertentu. Hanya setelah setoran, pengiklan menemukan bahwa tidak ada pertanyaan tentang hadiah tersebut, tetapi mereka hanya ditipu.

Dengan cara ini, para penjahat merampas uang sejumlah besar orang di SRD. Selama penyelidikan polisi, Lucy B. Wanita berusia 55 tahun itu ada dalam foto, dan ternyata sejumlah korban telah menyetor uang ke rekeningnya, yang kemudian diserahkannya kepada pihak ketiga. B. Dia dilacak dan ditangkap pada 3 Maret 2023 karena dicurigai berpartisipasi dalam organisasi kriminal dan terlibat dalam penipuan.

Setelah berkonsultasi dengan Kejaksaan Negeri Suriname, tersangka Lucy telah ditahan oleh polisi sambil menunggu penyelidikan.

Menurut Kepolisian Suriname Orang-orang seperti Lucy dikenal secara internasional sebagai bagal uang atau bagal uang. Mereka dengan sengaja membiarkan rekening banknya disalahgunakan untuk kegiatan kriminal antara lain dengan menyerahkan uang hasil kejahatan kepada pihak ketiga atau pencucian uang. Kompensasi mereka biasanya terdiri dari pengurangan sebagian dari jumlah uang yang disetorkan.

Apalagi, belakangan ini terbukti banyak orang yang mendukung aksi tersebut. Oleh karena itu polisi mengimbau masyarakat untuk menahan diri dari perilaku kriminal ini karena merupakan tindak pidana. Juga menuntut agar masyarakat tidak menanggapi segala macam tawaran menarik yang dilakukan oleh orang asing melalui media sosial.

Setiap pihak yang terkena dampak didesak untuk menghubungi Departemen Penipuan untuk mengajukan laporan. Departemen ini terletak di Kantor Polisi Geyersvlijt dan dapat dihubungi di nomor telepon 455830/451313.

READ  Kerusuhan yang melarang bendera UE dari Kontes Lagu Eurovision: 'Hadiah untuk musuh-musuh Eropa'