BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ilmuwan: Arus Laut di Antartika Menuju Kehancuran – DW – 30/03/2023

Ilmuwan: Arus Laut di Antartika Menuju Kehancuran – DW – 30/03/2023

pembubaran yang cepat dari kutub selatan Es mengancam untuk memperlambat arus dalam di lautan dunia, berdampak buruk pada iklimIlmuwan menyebutkan keberadaan air tawar dan oksigen serta nutrisi yang menopang kehidupan selama berabad-abad.

menurut baru Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Pada hari Rabu, arus air dalam di sekitar Antartika dapat melambat lebih dari 40% dalam 30 tahun ke depan.

“Sirkulasi terbalik” di laut dalam akan melambat hingga 40% pada tahun 2050 dalam skenario emisi tinggi, kata studi tersebut, memperingatkan dampak yang dapat berlangsung “selama berabad-abad yang akan datang”.

Pemodelan baru yang dikutip oleh studi menunjukkan pencairan es yang cepat di Antartika yang mengarah ke “perlambatan yang signifikan” dalam sirkulasi air di bagian terdalam lautan jika emisi karbon global tetap tinggi.

Akan runtuh

Matthew England, seorang profesor iklim di University of New South Wales (UNSW), yang mengoordinasikan penelitian tersebut, mengatakan bahwa jika modelnya benar, arus laut dalam akan “berada di jalur cepat”.

Triliunan ton air dingin, sangat asin, dan kaya oksigen tenggelam di sekitar Antartika Setiap tahun, ia mengirimkan arus air dalam ke utara ke Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik.

Volume besar pencairan es menyebabkan perairan Antartika menjadi kurang padat dan asin, yang memperlambat sirkulasi laut dalam.

Dengan runtuhnya arus laut dalam ini, lautan di bawah 4.000 meter akan mandek.

“Ini akan menjebak nutrisi di kedalaman laut, dan mengurangi nutrisi yang tersedia untuk mendukung kehidupan laut di dekat permukaan laut,” kata England.

Studi tersebut juga mengatakan bahwa pencairan lapisan es Antartika dan Greenland diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan kenaikan suhu global.

READ  Vaksin flu yang tidak cocok dapat berarti musim flu yang buruk serta peningkatan Covid

“Kita berbicara tentang potensi kepunahan jangka panjang dari badan air yang ikonik,” kata England.

Gletser Thwaites: Saat Raksasa Mencair

Browser ini tidak mendukung elemen video.

dvv/sms (AFP, dpa)