BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia kurang dari target penutupan minyak tahun 2022, tetapi investasi meningkat

Ekstraksi minyak mentah Indonesia tahun lalu sebesar 612.300 barel per hari (bpd) dan ekstraksi gas sebesar 5.347 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd), kata Presiden SKK Migas Dwi Soetjipto dalam konferensi. Keduanya turun di bawah target perolehan minyak masing-masing sebesar 703.000 bpd dan 5.800 mmscfd.

Target tahun 2023 adalah produksi minyak 660.000 bph dan produksi gas 6.160 mmscfd. Produksi LNG diperkirakan 204-206 barel tahun ini, naik dari 196 barel tahun lalu.

Dua proyek yang tertunda tahun lalu akan mulai beroperasi tahun ini dan membantu meningkatkan produksi, kata pejabat SKK Migas, termasuk Tangguh Train-3 milik BP.

Indonesia bertujuan untuk memompa 1 juta barel per hari minyak mentah pada tahun 2030 dan telah meningkatkan upaya untuk menarik investasi.

Investasi hulu adalah $12,3 miliar tahun lalu, $10,9 miliar pada 2021, dengan target $15,54 miliar pada 2023, kata Dwi.

Angka pengeboran, yang menurun dalam satu dekade terakhir, mulai meningkat tahun lalu, menurut data SKK Migas.

Regulator telah menyetujui rencana pengembangan beberapa proyek minyak dan gas pada tahun 2022 dengan investasi $22,89 miliar selama beberapa tahun ke depan, kata pejabat Benny Lubyantara. Tahun ini, SKK Migas bisa menyetujui rencana pengembangan 45 proyek baru, ujarnya.

Rencana strategis

Kepala SKK Migas Dwi berharap pembangunan proyek strategis seperti Indonesia Deepwater Development (IDD) dan blok gas Masela segera dilanjutkan.

Chevron hampir mencapai kesepakatan dengan investor untuk mengalihkan minat dan pengoperasian ITT, kata TV. Chevron mengumumkan niatnya untuk menarik diri dari program tersebut pada awal tahun 2020 karena perusahaan membuat perubahan signifikan pada portofolio globalnya.

“Chevron dan calon akuisisi yang diusulkan sudah sepakat bisa selesai di kuartal pertama,” ujar Divy.

READ  Ringkasan Berita Festival Sekolah (2)

SKK Migas berharap dapat mengoperasikan ITT pada tahun 2028.

Chevron tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Sementara itu, Pertamina saat ini sedang dalam pembicaraan untuk mengambil alih kemitraan Shell dalam proyek gas Masela, kata TV.