BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia memberlakukan larangan ekspor minyak sawit

Indonesia memberlakukan larangan ekspor minyak sawit

Indonesia akan memberlakukan larangan ekspor minyak sawit mulai Kamis depan. Presiden Indonesia Joko Widodo membuat pengumuman pada hari Jumat, menurut kantor berita internasional. Negara ini adalah produsen minyak sawit terbesar di dunia.

Permintaan minyak nabati seperti minyak kelapa sawit dan minyak kedelai meningkat akhir-akhir ini karena kelangkaan akibat perang di Ukraina. Pada hari Jumat, harga minyak kedelai naik 4,5 persen sebagai tanggapan terhadap pengumuman ke rekor tertinggi 83 sen AS (77 sen Euro) per pon.

Widodo berpendapat bahwa larangan tersebut diperlukan karena kekurangan produk lokal, tetapi juga untuk mengekang kenaikan harga pangan di Indonesia. Belum jelas kapan larangan itu akan diterapkan. Presiden mengatakan akan terus “memantau dan mengevaluasi” situasi untuk memastikan minyak goreng menjadi “berlimpah dan terjangkau”.

korupsi

Kelangkaan lokal dan kenaikan tajam harga minyak sawit dikatakan sebagian disebabkan oleh korupsi di Kementerian Perdagangan Indonesia. Awal pekan ini, Kejaksaan Agung mengumumkan pembukaan penyelidikan korupsi terhadap seorang pejabat senior di Kementerian Perdagangan dan tiga eksekutif lainnya.

Menurut peradilan Indonesia, keempat pejabat tersebut telah memberikan izin kepada perusahaan yang tidak memenuhi persyaratan. Indonesia punya awal tahun ini Ia telah memberlakukan pembatasan ekspor minyak sawit, sehingga hanya perusahaan yang memenuhi persyaratan tertentu yang berhak mendapatkan izin ekspor.

READ  Momen mengerikan seorang pesepakbola tersambar petir saat bertanding di Indonesia sebelum meninggal di rumah sakit