BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia mengenakan bea masuk yang tinggi untuk membantu industri lokal melalui Investing.com

Indonesia mengenakan bea masuk yang tinggi untuk membantu industri lokal melalui Investing.com

Indonesia berencana mengenakan bea pengamanan sebesar 100% hingga 200% pada banyak barang impor, termasuk alas kaki, pakaian, dan keramik.

Menurut Menteri Perdagangan Zulkipli Hasan, langkah tersebut bertujuan untuk melindungi usaha mikro, kecil, dan menengah agar tidak kewalahan dengan barang impor. Tanpa langkah-langkah tersebut, Menteri Hasan menyatakan kekhawatirannya pada hari Jumat bahwa masuknya impor akan menyebabkan penurunan sektor-sektor utama domestik tersebut.

Keputusan untuk mengenakan pajak ini merupakan kebangkitan dari skema sebelumnya yang bertujuan melindungi industri dalam negeri. Pada akhir tahun 2023, Indonesia telah memberlakukan peraturan untuk memperketat pengawasan terhadap lebih dari 3.000 produk impor. Mulai dari bahan makanan hingga elektronik dan bahan kimia. Namun rencana tersebut berubah setelah industri dalam negeri melaporkan rencana tersebut menghambat aliran impor kebutuhan pokok.

Ditegaskan Menteri Hasan, bea masuk alas kaki, tekstil, kosmetik, dan keramik akan segera dikenakan. Komite Jaminan Perdagangan Indonesia, yang dipimpin oleh pejabat senior Kementerian Perdagangan Budi Santoso, saat ini sedang melakukan penyelidikan untuk menentukan tugas yang sesuai.

Langkah-langkah tersebut diperkirakan akan mempengaruhi impor dari Tiongkok, Vietnam dan Bangladesh, yang merupakan pemasok utama pakaian dan aksesoris pakaian bagi Indonesia, menurut data Badan Pusat Statistik.

Reuters berkontribusi pada artikel ini.

Artikel ini diterjemahkan menggunakan kecerdasan buatan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Ketentuan Penggunaan kami.

READ  Sepuluh negara ini tidak akan memenangkan Piala Dunia 2026, tetapi 198 negara ini masih memiliki peluang - penggemar untuk penggemar