BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia menjajaki peluang menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Olahraga dan Pemuda Dito Ariutjo mengatakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo menargetkan Indonesia menjadi tuan rumah bersama pada tahun 2034 Piala Dunia. “Kami mengikuti perkembangan yang ada saat ini,” kata Dito melalui keterangan resmi kementerian di Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2023. “Pak Presiden sebenarnya ingin setidaknya Indonesia menjadi tuan rumah peserta.”

Sejauh ini, Arab Saudi menjadi satu-satunya negara yang dipastikan ikut dalam proses tender Piala Dunia 2034. Dino akan bergabung dengan Jokowi untuk melakukan kunjungan ke Arab Saudi guna membahas peluang Indonesia menjadi co-host.

“Kami sudah memastikan niat kami menjadi co-host,” tegasnya.

Selain menjajaki kemungkinan menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia bersama Arab Saudi, Dito menjelaskan, Indonesia juga menargetkan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Australia dan Selandia Baru atau bersama Australia dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Proses komunikasi sudah dimulai dengan Australia, begitu juga dengan ASEAN. Yang penting Indonesia mengincar menjadi co-host, kata Ditto.

FIFA resmi memulai proses tender tuan rumah Piala Dunia 2034 dengan memberikan kesempatan kepada negara-negara di kawasan Oseania dan Asia. Doa dimulai pada tanggal 4 Oktober dan akan berlanjut sepanjang bulan.

Antara

Pilihan Editor: Jakarta menggunakan lembaga pemerintah sipil untuk mempromosikan Piala Dunia U-17

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Atlet Laerskool Lydenburg asal Indonesia kembali dengan hasil gemilang