BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia selidiki pilot yang tidur setengah jam selama penerbangan dengan 153 penumpang |  Luar negeri

Indonesia selidiki pilot yang tidur setengah jam selama penerbangan dengan 153 penumpang | Luar negeri

Indonesia telah meluncurkan penyelidikan terhadap dua pilot Batik Air yang tertidur selama penerbangan domestik dengan 153 penumpang pada akhir Januari. Namun pesawat mendarat di Jakarta tanpa kendala.

Sekitar setengah jam setelah Airbus A320 lepas landas di Sulawesi, kapten meminta kopilotnya apakah dia boleh istirahat, menurut laporan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT). Pada saat itu kopilot mengambil alih kendali namun secara tidak sengaja tertidur. Dia menjadi ayah dari anak kembar dan tidak banyak tidur pada malam sebelumnya.

Sekitar setengah jam kemudian pilot terbangun dan mendapati co-pilotnya juga tertidur dan pesawat sudah lepas landas. Ia segera membangunkan rekannya dan menghubungi pusat kendali di Jakarta untuk memperbaiki jalur penerbangan. Penumpang mencapai tujuannya tanpa masalah.

memarahi

Batik Air kini telah mendapat teguran dari Kementerian Perhubungan RI, kata Direktur Jenderal Penerbangan Maria Christie Enda Murni. Ia meminta maskapai penerbangan lebih memperhatikan waktu senggang karyawannya. “Kami akan menyelidiki operasional penerbangan malam di Indonesia terkait risiko kelelahan bagi Batik Air dan operator maskapai lainnya,” ujarnya.

KNKT mengimbau Batik Air melakukan pemeriksaan kokpit secara berkala dan memastikan istirahat yang cukup bagi pilot dan awak kabin sebelum melakukan penerbangan. Batik Air mengatakan dalam tanggapannya pada hari Sabtu bahwa pihaknya “menerapkan kebijakan istirahat yang cukup” dan “siap menerapkan semua rekomendasi keselamatan”. Dua pilot, berusia 32 dan 28 tahun, telah diskors.

READ  Pengamplasan ulang menimbulkan tentangan besar di Indonesia