BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

James Webb menangkap jam pasir langit dalam bentuk bintang yang baru lahir |  Ilmu

James Webb menangkap jam pasir langit dalam bentuk bintang yang baru lahir | Ilmu

NASA telah merilis gambar alam semesta yang indah lainnya yang dibuat oleh James Webb Space Telescope. Gambar tersebut menunjukkan semacam jam pasir berwarna oranye dan biru yang keluar dari bintang yang baru terbentuk yang terletak di tengah.

Awan berwarna hanya terlihat dalam cahaya inframerah dan belum pernah terlihat sebelumnya. NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) melaporkan pada hari Rabu bahwa Teleskop James Webb kini telah memungkinkan hal ini dengan kamera infra merahnya.

Bintang muda L1527 sendiri digambarkan dalam kegelapan di balik piringan gas yang berputar di leher jam pasir. Di bagian atas dan bawah, cahaya bintang menyembur ke luar, menyinari awan seperti jam pasir.

Bintang itu baru berusia 100.000 tahun, menurut NASA. Menurut standar kosmik, bintang itu hanyalah seorang anak kecil dalam hal usia. Bola yang baru lahir itu masih belum bisa menghasilkan energinya sendiri.

Menurut NASA, citra bintang tersebut memberikan gambaran sekilas seperti apa matahari dan tata surya kita saat mereka masih bayi. Bintang itu berjarak sekitar 430 tahun cahaya dari Bumi dan berada di pembibitan ratusan bintang lain yang baru terbentuk.

Teleskop James Webb adalah teleskop luar angkasa paling kuat yang pernah dibuat dan telah mencari alam semesta sejak Juli. Dalam beberapa bulan terakhir, ini telah menghasilkan banyak gambar unik dari luar angkasa.

READ  Kematian presiden Chad yang terpilih kembali di garis depan | di luar negeri