BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jangan lewatkan hujan Meteor Geminid – dan lihat Kamera Meteor Langsung NASA

Hujan meteor Geminid.

Geminid disebabkan oleh puing-puing dari benda langit yang dikenal sebagai 3200 Phaethon, yang asal usulnya telah menjadi bahan perdebatan. Beberapa astronom menganggapnya sebagai komet yang telah punah, berdasarkan pengamatan yang menunjukkan sejumlah kecil material yang meninggalkan permukaan Phaethon. Yang lain berpendapat bahwa itu pasti asteroid karena orbitnya dan kemiripannya dengan asteroid sabuk utama Pallas.

Apapun sifat Phaethon, pengamatan menunjukkan bahwa Geminid lebih padat daripada meteorit milik hujan lainnya, memungkinkan mereka untuk mencapai ketinggian hingga 29 mil di atas permukaan bumi sebelum terbakar. Meteorit milik hujan lain, seperti Perseid, terbakar jauh lebih tinggi.

Geminid dapat dilihat oleh sebagian besar dunia. Namun, paling baik dilihat oleh pengamat di belahan bumi utara. Saat Anda memasuki Belahan Bumi Selatan dan menuju Kutub Selatan, ketinggian radioaktif Geminid – titik langit di langit di mana meteor Geminid tampak – naik lebih rendah dan lebih rendah di atas cakrawala. Dengan demikian, pengamat di lokasi ini melihat lebih sedikit Geminid daripada rekan-rekan mereka di utara.

konstelasi gemini gemini meteor

Tampaknya semua meteor berasal dari tempat yang sama di langit, yang disebut radioaktif. Gemini tampaknya memancar dari suatu titik di konstelasi Gemini, maka nama “Gemini”. Grafik menunjukkan radiasi 388 meteor dengan kecepatan 35 km / s yang terdeteksi oleh jaringan Fireball NASA pada Desember 2020. Semua radiator berada di Gemini, yang berarti mereka termasuk dalam pancuran Geminid. kredit: NASA

Selain cuaca, fase bulan merupakan faktor utama dalam menentukan apakah hujan meteor akan memiliki tingkat yang baik selama tahun tertentu. Ini karena cahaya bulan “membasmi” meteor yang redup, menyebabkan pengamat langit melihat lebih sedikit meteor yang terang. Tahun ini, bulan akan sekitar 80% penuh pada ketinggian Gemini, yang tidak ideal untuk hujan meteor yang banyak dianggap. Namun, bulan yang cerah ini diperkirakan akan terbenam sekitar pukul 02.00 di mana pun Anda berada, menyisakan beberapa jam untuk pengamatan meteor hingga senja.

READ  NASA membentuk tim respons setelah upaya pengambilan sampel Mars pertama dilakukan oleh Persevering Rover Empty

Bill Cook, Ketua Tim NASAKantor Lingkungan Meteorit, terletak di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall di Huntsville, Alabama.

NASA akan menyiarkan secara langsung puncak hujan mulai 13-14 Desember melalui Kamera Meteorit di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA di Huntsville, Alabama, (jika cuaca mendukung!), mulai pukul 8 malam CST. Jam Meteor NASA Halaman Facebook.

Video meteor direkam oleh Semua Jaringan Bola Api Langit Juga tersedia setiap pagi untuk mempelajari tentang Geminid dalam video ini – cukup telusuri acara berlabel “PERMATA”.

Pelajari lebih lanjut tentang Geminid di bawah ini:


Mengapa mereka disebut Geminid?

Semua meteorit yang terkait dengan hujan memiliki orbit yang sama, dan semuanya tampaknya berasal dari tempat yang sama di langit, yang disebut radioaktif. Gemini tampaknya memancar dari suatu titik di konstelasi Gemini, maka nama “Gemini”.

Seberapa cepat Geminid?

Geminids perjalanan 78000 mph (35 km / s). Itu 1.000 kali lebih cepat dari seekor cheetah, sekitar 250 kali lebih cepat dari mobil tercepat di dunia, dan lebih dari 40 kali lebih cepat dari peluru yang melaju kencang!

Bagaimana Anda menonton Gemini?

Jika tidak berawan, jauhi cahaya terang, berbaring telentang, dan lihat ke atas. Ingatlah untuk membiarkan mata Anda menyesuaikan diri dengan kegelapan – Anda akan melihat lebih banyak meteor dengan cara ini. Perlu diingat bahwa pengeditan ini mungkin memakan waktu sekitar 30 menit. Jangan melihat layar ponsel Anda, karena akan merusak penglihatan malam Anda!

Meteor umumnya dapat dilihat di seluruh langit. Hindari melihat kilatan karena meteor yang dekat dengannya memiliki jalur yang sangat pendek dan dapat dengan mudah dilewatkan. Ketika Anda melihat meteor, cobalah untuk melacaknya ke belakang. Jika Anda berakhir di konstelasi Gemini, ada kemungkinan besar Anda telah melihat tanda Gemini.

READ  Korban tewas akibat virus Corona di Amerika Serikat telah melampaui 700.000 meskipun vaksin tersedia secara luas

Menonton di kota dengan banyak polusi cahaya akan membuat Gemini sulit dilihat. Anda mungkin hanya melihat segelintir pada malam hari dalam kasus ini.

Kapan waktu terbaik untuk mengamati Gemini?

Malam terbaik untuk melihat pancuran adalah 13 dan 14 Desember. Pengamat langit di Belahan Bumi Utara dapat menjelajah di larut malam tanggal 13 Desember untuk melihat beberapa Gemini, tetapi dengan cahaya bulan dan titik terendah yang cerah di langit, Anda mungkin tidak melihat banyak meteor.

Harga terbaik akan muncul saat radiasi tertinggi di langit sekitar pukul 02.00 waktu setempat, termasuk belahan bumi selatan, pada 14 Desember. Bulan akan keluar pada waktu yang hampir bersamaan. Oleh karena itu, pengamatan dari matahari terbenam hingga senja pada tanggal 14 Desember akan menghasilkan meteor paling banyak.

Anda masih dapat melihat Geminid pada malam lain, sebelum atau setelah 13-14 Desember, tetapi harga akan jauh lebih rendah. Geminid terakhir dapat dilihat pada 17 Desember.

Berapa banyak Geminid yang dapat diharapkan pengamat pada 13 dan 14 Desember?

Secara realistis, laju yang diberikan kepada pengamat di Belahan Bumi Utara mendekati 30-40 meteor per jam. Pengamat di belahan bumi selatan akan melihat lebih sedikit Gemini daripada di belahan bumi utara – mungkin 25% dari tingkat di belahan bumi utara.


Meskipun kondisi tahun ini bukan yang terbaik untuk melihat hujan meteor Geminid, itu akan tetap menjadi pertunjukan yang bagus untuk diabadikan di langit malam kita.

Dan jika Anda ingin tahu apa yang ada di langit untuk bulan Desember, lihat video di bawah ini dari seri video bulanan “What’s Up” JPL: