BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jangan lewatkan Komet Leonard dan meteor Geminid

Ada apa di bulan Desember? Sorotan sore hari, kesempatan untuk menangkap komet, dan meteor Geminid tahunan.

6-10 Desember, lihat ke barat setelah matahari terbenam untuk mengunjungi bulan VenusDan Saturnus, Dan Jupiter Sebaliknya. Bulan sabit penuh karena tampak lebih tinggi di langit setiap malam sepanjang minggu.

Bulan melewati Venus, Saturnus, dan Jupiter, setiap malam setelah matahari terbenam, pada 6-10 Desember. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Nikmati pemandangan Venus yang mempesona sebagai “bintang malam” selama masih ada. Planet tetangga kita yang tertutup awan akan segera tenggelam dari cakrawala selama bulan itu, menghilang bagi sebagian besar dari kita pada Tahun Baru. Itu akan muncul kembali pada akhir Januari sebagai planet pagi sebelum matahari terbit, dan tidak akan kembali di langit malam hingga Desember tahun depan.

Kemudian pada bulan Desember, ada komet yang baru ditemukan dalam perjalanan ke tata surya bagian dalam yang mungkin patut dicoba. Dikenal sebagai Komet Leonard, ia akan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi pada 12 Desember, hanya dua minggu sebelum mencapai jarak terdekatnya dari Matahari.

Komet Leonard Skychart 2021

Bagan langit menunjukkan posisi Komet Leonard di timur sekitar dua jam sebelum matahari terbit, 1-10 Desember. Penggunaan teropong mungkin diperlukan untuk mengamati komet. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Kini, komet dikenal sulit diprediksi dalam hal kecerahan dan visibilitas. Komet Leonard diperkirakan akan mencapai puncaknya pada kecerahan yang kemungkinan akan membutuhkan teleskop untuk mengamatinya. Ada kemungkinan itu mungkin cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang, tetapi sekali lagi, dengan komet, Anda tidak pernah tahu.

Dalam dua minggu pertama bulan Desember, Komet Leonard dapat ditemukan di timur sebelum matahari terbit, melewati antara Arcturus dan pegangan Biduk. Itu lebih dekat ke cakrawala daripada ke Bumi, yang berarti kemungkinan akan jauh lebih terang tetapi lebih sulit untuk diamati. Kemudian berubah menjadi objek malam setelah sekitar 14 Desember, tak lama setelah matahari terbenam – saat ia memulai jarak jauhnya dari matahari lagi, dan kecerahannya berangsur-angsur memudar.

READ  Saksikan para astronot memindahkan pesawat luar angkasa SpaceX Crew Dragon mereka sepanjang hari sebelum peluncuran Boeing's Starliner

Akhirnya, Geminid.meteor Ini adalah puncak langit bulan Desember setiap tahun. Puncak hujan meteor tahun ini terjadi pada malam hari pada 13-14 Desember. Terlepas dari cuaca, fase bulan biasanya merupakan faktor utama apakah hujan meteor akan diamati dengan baik pada tahun tertentu. Tahun ini, bulan akan sekitar 80% penuh pada ketinggian Geminids, yang tidak ideal. Namun, bulan yang cerah ini akan muncul di suatu tempat sekitar jam 2 pagi di mana pun Anda berada, menyisakan beberapa jam untuk melihat meteor sebelum fajar.

Bagan Langit Meteor Geminid 2021

Bagan langit menunjukkan wilayah langit dari mana meteor Geminid tampak memancar. Hujan tahun ini paling baik diamati setelah matahari terbenam pada pagi hari tanggal 14 Desember. Kredit: NASA / JPL-Caltech

Meteor tampaknya memancar dari konstelasi Gemini, yang akan Anda temukan tinggi di barat. Sekarang sementara sebagian besar hujan meteor tahunan disebabkan oleh perjalanan Bumi melalui jejak partikel seukuran debu dari puing-puing komet, Geminid adalah salah satu dari sedikit hujan meteor yang disebabkan oleh puing-puing dari asteroid yang melintasi orbit Bumi—dalam hal ini, yang disebut Phaethon.

baru saja, NASA Para ilmuwan telah berbagi temuan bahwa perbedaan antara asteroid dan komet mungkin kurang jelas daripada yang kita sadari, dengan natrium yang mudah menguap di Phaethon memainkan peran yang sama seperti menguapkan es pada komet.

Dan apakah Anda melihat Komet Leonard, atau meteorit dari asteroid Phaethon, keduanya adalah pengingat hubungan mendalam antara Bumi dan tata surya lainnya yang kita temukan saat kita melihat ke luar dan menjelajah.