BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jika Anda menggunakan salah satu dari sembilan pernyataan ini, “Anda lebih aman secara emosional daripada kebanyakan orang.”

Jika Anda menggunakan salah satu dari sembilan pernyataan ini, “Anda lebih aman secara emosional daripada kebanyakan orang.”

Orang yang aman secara emosional diberdayakan, percaya diri, dan nyaman dengan diri mereka sendiri. Mereka berjalan di dunia dengan keaslian dan keyakinan, melakukan apa yang berarti bagi mereka.

Sebagai seorang psikolog lulusan Harvard, saya menemukan bahwa rasa percaya diri membuat mereka lebih mampu menangani konflik dan rentan terhadap orang lain, sering kali karena mereka tidak mencari validasi eksternal.

Tapi butuh banyak usaha untuk sampai ke sana. Jika Anda menggunakan salah satu dari sembilan pernyataan ini, Anda lebih aman secara emosional daripada kebanyakan orang:

Salah satu karakteristik terpenting dari orang yang aman secara emosional adalah bahwa mereka mengekspresikan diri dengan baik. Mereka memilih tanggapan mereka dengan hati-hati dan tidak terburu-buru bereaksi.

Ungkapan serupa:

  • “Saya benar-benar frustrasi dan saya butuh waktu untuk diri saya sendiri. Saya tidak ingin mengatakan sesuatu yang mungkin akan saya sesali nanti.”
  • “Saya tidak punya jawaban sekarang. Bisakah kita mengunjungi percakapan ini lagi besok?”

Orang yang aman secara emosional merasa nyaman menetapkan batasan. Mereka jelas tentang apa yang akan dan tidak akan mereka lakukan berdasarkan prinsip moral, kebutuhan, dan keinginan mereka.

Ungkapan serupa:

  • “Maaf, tapi aku tidak bisa menahannya karena aku punya begitu banyak kewajiban lain.”
  • “Terima kasih atas pertunjukannya, tapi itu bukan sesuatu yang saya nikmati.”

Mereka selalu mengomunikasikan kebutuhan mereka dengan cara yang hormat. Ini berarti bahwa mereka menyatakan bagaimana perasaan mereka ketika seseorang memperlakukan mereka dengan buruk. Jika mereka merasa batasan mereka dilanggar, mereka akan mengambil tindakan untuk melakukan perubahan.

Ungkapan serupa:

  • “Ketika kamu mengatakan hal-hal seperti itu, aku merasa sakit hati dan marah.”
  • “Jika dia memperlakukan saya seperti itu, saya akan menjauh darinya karena itu tidak sehat untuk saya.”
READ  NASA membagikan potret menakjubkan galaksi Pinwheel, yang 70% lebih besar dari Bima Sakti kita

Mereka konsisten dalam cara mereka beroperasi di dunia. Hal ini membuat berada di sekitar mereka dapat diprediksi dan aman karena teman dan orang yang dicintai tahu mereka adalah siapa yang mereka katakan.

Ungkapan serupa:

  • “Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan.”
  • “Kamu mungkin tidak menyukai ini tentangku, tapi aku baik-baik saja dengan itu.”

Orang yang aman secara emosional mampu mempertimbangkan kritik tanpa kritik. Jika mereka menerima umpan balik negatif, mereka tidak akan tersinggung. Sebaliknya, mereka melihatnya sebagai kesempatan untuk perbaikan diri.

Ungkapan serupa:

  • “Saya tidak menyadari bahwa saya sering melakukannya. Terima kasih telah menunjukkannya.”
  • “Wow, kurasa aku sering mengucapkan kalimat itu.”

Dalam hubungan yang bermakna, orang yang aman secara emosional berusaha untuk berubah bila perlu. Mereka tahu bahwa mengambil tindakan adalah kunci pertumbuhan pribadi dan memperkuat ikatan.

Ungkapan serupa:

  • “Aku dengar ini penting untukmu, jadi aku akan berusaha lebih bersimpati saat berbicara denganmu.”
  • “Aku tidak pandai bersabar. Aku akan berlatih menjadi kurang memaksa.”

Sifat mereka yang simpatik dan tidak menghakimi dalam hubungan membuat mereka hebat dalam bersikap suportif. Mereka juga memahami bahwa jika seseorang mengalami hari yang buruk, itu tidak akan menjadi cerminan bagi mereka.

Ungkapan serupa:

  • “Kau terlihat kesal, dan aku ingin membantu.”
  • “Saya melihat ini sulit bagi Anda, tetapi Anda mendapat dukungan saya.”

Memiliki sistem kepercayaan yang kuat adalah kunci keamanan emosional karena memandu pilihan kita. Ketika suatu nilai dilanggar, orang-orang yang aman secara emosional mampu mengambil sikap pada apa yang mereka yakini bermoral dan adil.

Ungkapan serupa:

  • “Aku sangat peduli tentang ini, bahkan jika kamu tidak.”
  • “Menurutku kamu tidak berperilaku etis, dan aku tidak bisa melihat itu terjadi tanpa membela apa yang menurutku manusiawi.”
READ  Artemis 1: Pesawat ruang angkasa Orion NASA melakukan selfie dalam perjalanannya melewati sisi jauh Bulan

Orang-orang yang aman secara emosional telah memupuk rasa aman batin yang memberi tahu mereka bahwa mereka akan baik-baik saja, bahkan jika upaya baru gagal. Ini memungkinkan mereka untuk mencoba hal-hal baru, seperti hobi, pertemanan, perjalanan, dan bahkan strategi koping pribadi.

Ungkapan serupa:

  • “Aku akan mencobanya lain kali.”
  • “Aku mungkin tidak pandai dalam hal ini, tapi aku bersedia mencobanya!”

Dr.. Courtney S. WarrenPhD, adalah seorang psikolog klinis dan penulis bersertifikat Tinggalkan mantanmu. Dia berspesialisasi dalam pernikahan, kecanduan cinta, dan perpisahan, dan menerima pelatihan klinisnya di Harvard Medical School. Dia telah menulis hampir 50 artikel jurnal ilmiah peer-review dan membuat lebih dari 75 presentasi tentang psikologi hubungan. Ikuti dia di Twitter @karyawan.

jangan lewatkan:

Apakah Anda ingin menjadi lebih pintar dan lebih sukses dengan uang Anda, pekerjaan Anda, dan hidup Anda? Berlangganan buletin baru kami di sini