BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

John Gantikan Helmond dengan Indonesia: ‘Masa depan saya ada di sini’

John Gantikan Helmond dengan Indonesia: ‘Masa depan saya ada di sini’

Kemasi tas Anda dan pergi ke dunia luas: tidak ada yang harus memikirkannya dan bagi yang lain itu adalah mimpi. Beginilah cara John berdagang erclens (61) di pelabuhan asalnya di Helmon, Indonesia, untuk mencari petualangan. “Saya di sana awalnya selama beberapa bulan. Saya sangat mencintai dan menikmati hidup di sana. Kemudian saya bertemu istri saya dan saya punya banyak alasan untuk tinggal.”

John sekarang tinggal di Indonesia bersama istrinya Yeni, tapi itu butuh waktu. “Saya bertemu dengannya di Indonesia pada 2007. Kami sudah lama tinggal di Belanda dan baru menetap di Indonesia sejak Juni 2021.”

keliling dunia

John selalu bermimpi bepergian. “Saya bekerja di Philips sekitar usia 37. Kemudian saya bisa bekerja di Singapura melalui transportasi. Sayangnya, rencana berubah dan tidak ada yang terjadi.” Tetapi keinginan untuk menemukan dunia tetap ada. “Beberapa tahun kemudian saya memimpin. Saya meninggalkan kampung halaman saya di Helmond dan melakukan perjalanan ke Prancis, Italia, Spanyol, dan Malta, di antara negara-negara lain.”

Teks berlanjut di bawah gambar>

“Saya penuh energi dan ini cocok untuk saya di sini, di Indonesia.” Foto: John Erklins

Indonesia

Akhirnya John berakhir di Indonesia. “Saya berada di sana pada tahun 2005 selama beberapa bulan. Saya sangat mencintai dan menikmati hidup di sana. Bahkan, saya sangat menyukainya sehingga saya memutuskan untuk kembali setelah beberapa tahun. Kemudian saya bertemu Yeni dan memiliki banyak alasan untuk tetap tinggal.” ” Namun, dongeng itu berakhir. “Sayangnya, karena keadaan, saya tidak bisa tinggal. Saya sering bepergian naik turun selama beberapa tahun. Saya berada di Indonesia lebih banyak daripada di Belanda!”

untuk pindah rumah

Pada akhirnya, Lenny datang ke Belanda. Mereka tinggal bersama di Dordrecht selama beberapa tahun. Kami melihatnya lagi enam tahun kemudian. Kami memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Tahun 2019, kami mulai packing, dan Juni 2021 sudah waktunya. Sekarang kita tinggal di sini! “

READ  Peraturan energi terbarukan di Indonesia

Teks berlanjut di bawah gambar>

Helm di bawah negara asing
Johan bersama keluarganya. Foto: John Erklins

Sebelum mereka pindah, John harus melalui proses deportasi. “Anda memerlukan visa jika Anda bepergian ke Indonesia untuk waktu yang lama. Mungkin perlu beberapa waktu sebelum mereka siap. Penantiannya sangat mengasyikkan.” Untungnya, semuanya berjalan lancar dan John bisa berangkat ke Indonesia tanpa masalah.

Helmond

John memiliki sejumlah kenalan di Helmond. Kakak saya masih tinggal di sana bersama istri dan anak-anaknya. Selain itu, saya memiliki beberapa ratus teman dan kenalan. Saya masih tetap berhubungan dengan beberapa dari mereka di Facebook. Mereka akan datang ke Indonesia sesegera mungkin.” Tapi John tidak akan kembali ke pelabuhan asalnya lagi. “Masa depan saya ada di sini.”

Jika Anda memiliki kesempatan untuk meninggalkan Belanda, Anda pasti harus pergi, menurut John. “Risiko dan ketidakpastian selalu ada, tapi jadilah berani! Ini akan menjadi petualangan dan pasti akan sepadan.”

Kamu sekarang!

Apakah Anda juga menukar Helmond ke Italia, Aruba, Meksiko, atau negara yang sama sekali berbeda? Atau apakah Anda mengenal seorang Helmonder yang telah tinggal di tempat lain untuk sementara waktu? Silakan kirim email ke [email protected] Dan mungkin Anda akan segera melihat diri Anda di situs kami!

Baca juga: