BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Juga di Swedia, ketakutan terhadap Rusia: tentara dikirim ke pulau itu

Ini semua tentang Gotland Swedia, sebuah pulau di Laut Baltik. Gotland biasanya merupakan pulau yang hijau dan damai di mana Anda dapat bersantai di antara domba-domba. Tapi kedamaian itu di luar jangkauan sekarang. Pulau itu tidak lagi tampak hijau dari rerumputan, tetapi dari kereta tentara.

Tentu saja, saat ini, perhatian utama tertuju pada Ukraina. Menurut Presiden AS Joe Biden, peluang tinggi Bahwa Rusia akan menyerang Ukraina. Daerah perbatasan kedua negara semakin dipadati pasukan Rusia.

Kapal selam tidak dikenal

Mereka juga mencatat kehadiran Rusia di Swedia. Semuanya dimulai dengan kapal selam bertahun-tahun yang lalu. Gambar sonar menunjukkan bahwa pada Oktober 2014, sebuah kapal selam berlayar di sekitar perairan Swedia selama beberapa hari. Menurut pihak berwenang, dia mungkin berasal dari Rusia. Kapal tidak dicegat.

Swedia juga takut dengan rudal Iskander di Kaliningrad. Ini adalah bagian dari Rusia di Laut Baltik, terjepit di antara Polandia dan Lituania. Rudal Iskander, yang diketahui dipasang di truk, memiliki jangkauan hingga 500 km. Seperti yang ditunjukkan pada peta di bawah ini, Gotland terletak persis di kisaran ini.

Lalu ada yang misterius drone Saya terbang di atas Swedia baru-baru ini. Mereka telah terlihat di atas gedung parlemen, di atas istana kerajaan dan di atas berbagai situs militer. Swedia tidak yakin dari mana mereka berasal, selain itu mereka adalah drone militer. Agaknya dari Rusia.

Pertunjukan Tentara

Secara keseluruhan, Swedia berada di ujung tanduk. Penduduk Gotland senang dengan kehadiran militer di pulau mereka. “Saya pikir bagus untuk menunjukkan bahwa kami memiliki tentara. Jika Anda memiliki tentara, Anda harus menunjukkannya dan menggunakannya,” kata seorang penduduk kepada TV4 Swedia.

READ  Biden berjanji Zelensky tidak akan pernah berdiri sendiri, dan muncul dengan paket dukungan baru

Tunjukkan bahwa itu penting. “Sangat positif bahwa lebih banyak unit tentara datang ke Jutlandia, terutama untuk menunjukkan bahwa kami ada di sana dan untuk mengirim pesan dengan cara ini,” kata seorang anggota militer.

Karena pertanyaannya adalah apakah militer Swedia dapat melakukan lebih dari sekedar menyampaikan pesan. Rusia secara militer kuat dan Swedia pada dasarnya mandiri. Mereka bukan anggota NATO, aliansi militer antara banyak negara Amerika Utara dan Eropa.

Serangan terhadap satu adalah serangan terhadap semua

NATO didirikan pada tahun 1949 sebagai mitra Uni Soviet. Belanda sudah ada sejak awal. Motonya adalah: Serangan terhadap satu adalah serangan terhadap semua. Jadi jika kita diserang, sekutu NATO kita siap membantu kita. Ini semua adalah negara anggota:

Jadi Swedia bukan salah satunya. Mereka ingin mempertahankan status netral mereka, yang telah mereka miliki sejak zaman Napoleon pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas. Jadi mereka tidak ingin memilih sisi antara Amerika Serikat dan Eropa di satu sisi dan Rusia di sisi lain.

Namun perasaan itu kini berubah. Swedia sendiri Mereka semakin terbuka Adapun keanggotaan NATO, hanya pemerintah yang masih diragukan. Mereka ingin menonton Apa yang mungkin.

Mitra penting di NATO

Namun, pertanyaannya adalah apakah Swedia akan sendirian jika sampai pada hal ini. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menggambarkan Swedia sebagai salah satu mitra utama aliansi militer. Jadi negara Skandinavia dapat mengandalkan dukungan. Menurut Stoltenberg, jika orang Swedia ingin menjadi anggota Itu langsung diterima.

Omong-omong, Rusia juga menanggapi kemungkinan keanggotaan di NATO. Ini memang poin yang sangat menyakitkan ketika datang ke Ukraina. Salah satu tuntutan Rusia adalah agar Ukraina tidak pernah bergabung dengan NATO. Jika Swedia melakukannya, itu juga dapat mengandalkannya sanksi Rusia.

READ  Biden mengambil tindakan terhadap rezim Kuba: 'Ini baru permulaan' | di luar negeri

Sangat menakutkan di pulau itu

Ancaman seperti itu tidak membuat Swedia tak tersentuh. Terutama di Gotland. “Saya membicarakannya dengan suami saya,” kata seorang warga kepada TV4. “Kami benar-benar terjebak di sini di Gotland. Jika situasi di daratan mengancam, Anda dapat mengambil mobil Anda dan Anda dapat pergi. Tetapi Anda tidak dapat melakukannya di sini. Itu membuatnya menakutkan.”