BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jurnalis masih diperbolehkan masuk ke zona teroris tanpa izin

Jurnalis dan pekerja bantuan masih diizinkan untuk beroperasi di wilayah di bawah kendali organisasi teroris tanpa izin dari Kementerian Kehakiman dan Keamanan. Menteri Grapperhaus yang akan keluar menulis kepada Senat bahwa dia memperkenalkan RUU terpisah untuk mengatur ini.

Saat ini, proposal dari Grapperhaus telah diajukan ke Senat, di mana secara umum dapat dihukum untuk tinggal di zona teroris. Gagasan di balik ini adalah bahwa orang-orang yang tinggal di daerah tersebut sering mengidentifikasi diri mereka dengan ide-ide organisasi yang berkuasa di sana. Misalnya, mereka mungkin menimbulkan bahaya bagi masyarakat Belanda saat mereka kembali.

Menurut proposal ini, jurnalis dan pekerja bantuan dapat diberikan pengecualian untuk bepergian ke daerah teroris. Mereka harus mengajukan permohonan ini di Kementerian Kehakiman.

Kritik dari jurnalis

Dewan Perwakilan Rakyat telah menyetujui rencana tersebut, tetapi undang-undang tersebut telah ada di Senat selama beberapa waktu. Banyak kritik, termasuk dari profesinya NVJ Dan Asosiasi Editor Umum. Mereka percaya bahwa jurnalis harus dapat melakukan perjalanan ke area seperti itu tanpa izin sebelumnya. Menurut organisasi, persyaratan ini mempengaruhi kemandirian pers.

Grapperhaus sekarang telah melaporkan bahwa dia datang dengan sebuah proposal baru, yang mencakup “dasar pengecualian dari hukuman.” Hal ini berlaku bagi warga negara Belanda yang “tinggal di daerah tersebut hanya untuk melakukan kegiatan sebagai pekerja bantuan yang bekerja untuk organisasi kemanusiaan yang netral atau sebagai jurnalis atau humas dalam rangka pengumpulan berita.”

Artinya izin yang diminta akan kadaluarsa. “Dengan cara ini, kemandirian dan ketidakberpihakan mereka dapat lebih terlindungi. Mereka mungkin perlu melakukan pekerjaan mereka dengan baik dan aman,” kata menteri sekarang percaya.

READ  Langsung | Vaksinasi mungkin tertunda karena masalah pengiriman Janssen, '74 dan '75 pada gilirannya untuk injeksi Virus corona

Orang masih bisa terus meminta izin

Dalam waktu dekat, Grapperhaus akan menyiapkan RUU tersebut, bersama dengan perwakilan organisasi bantuan dan pers. Dia juga menulis bahwa dalam sistem baru, orang masih dapat menggunakan prosedur persetujuan.

Hal ini dimungkinkan, misalnya, jika mereka ragu apakah mereka dapat menggunakan alasan pengecualian dari kalimat tersebut. Dengan demikian, menurut Menkeu, keseimbangan yang baik dapat ditemukan antara pentingnya pendampingan yang independen dan aman serta jurnalisme di satu sisi, dan kepastian hukum di sisi lain.