BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kekuatan apa yang masih dimiliki Raja Inggris Raya?

Kekuatan apa yang masih dimiliki Raja Inggris Raya?

Sebuah potret Ratu Elizabeth ditampilkan di Sydney Opera House.Gambar Getty Gambar

1. Apakah Raja Charles III benar-benar memiliki sesuatu untuk dikatakan di Inggris?

Jika Raja Charles III tidak menyetujui undang-undang yang disahkan di Parlemen, dia bisa memblokirnya. Dia dapat memberhentikan Perdana Menteri sendiri jika dia tidak menyukainya, dia dapat menolak untuk membubarkan Parlemen jika Perdana Menteri meminta dan memiliki kekuatan untuk menyatakan perang terhadap negara.

Setidaknya, itu semua dalam teori. Praktek ini berbeda. Misalnya, terakhir kali seorang raja Inggris menolak menandatangani sebuah Undang-undang adalah pada tahun 1708. Saat ini, kekuasaan yang terkait dengan “hak prerogatif kerajaan” – hak prerogatif kerajaan – telah diberikan kepada Kabinet Inggris. Omong-omong, pembatasan seringkali tidak diatur oleh hukum: itu adalah norma yang berat.

Namun, bukan tidak masuk akal bahwa raja dapat menggunakan beberapa kekuatan. jadi taruh Penjaga Pada awal tahun lalu, apa yang disebut “Persetujuan Kerajaan”, yaitu Persetujuan Kerajaan, disorot. RUU yang akan datang yang secara langsung mempengaruhi keluarga kerajaan harus terlebih dahulu disahkan oleh raja. Dia selalu setuju itu norma, tapi dokumen dari Arsip Nasional akan menunjukkan bahwa pada 1970-an, setelah beberapa lobi di belakang layar, Royal House mendapat amandemen tagihan. Ini termasuk undang-undang yang seharusnya mengarah pada transparansi tentang keuangan keluarga kerajaan. Kepala negara dikeluarkan.

2. Bagaimana dengan pembicaraan mingguan antara raja dan perdana menteri?

Tidak ada menit yang diambil untuk pertemuan seperti itu dan tidak ada yang diperbolehkan keluar. Raja tidak akan dapat memaksa perdana menteri untuk melakukan apa pun dan harus tetap netral secara politik, tetapi dapat memberikan pengaruh melalui “nasihat dan peringatan”, seperti rumah kerajaan menulis.

Charles tidak hanya akan melihat Perdana Menteri. Sebagai panglima resmi Angkatan Darat Inggris, misalnya, ia menerima risalah rapat yang berkaitan dengan keamanan nasional, hal yang akan ia diskusikan secara rutin dengan Menteri Luar Negeri untuk Pertahanan. Selain itu, ia akan mengadakan pembicaraan tertutup dengan semua jenis pengunjung penting lainnya, dari diplomat asing hingga pemimpin agama.

3. Bagaimana dengan pengaruh Charles sebagai raja di luar Inggris?

Dia adalah raja dari setidaknya empat belas negara lain, termasuk Kanada, Australia, Bahama, dan Kepulauan Solomon. Jadi di sini dia juga akan muncul di koin dan perangko, dan pejabat pemerintah dan tentara akan bersumpah setia kepadanya. Semua negara ini adalah anggota Persemakmuran Bangsa-Bangsa: Persemakmuran. Kemitraan ini berasal dari Kerajaan Inggris dan Charles, sebagai Raja Inggris, adalah kepala kehormatannya.

Selama beberapa dekade terakhir, Persemakmuran telah kehilangan banyak kepentingannya, dan jumlah anggota yang mencari raja Inggris sebagai kepala negara menyusut. Ini merupakan indikasi memburuknya status Inggris sebagai kekuatan global.

Tahun lalu, pulau Karibia Barbados memilih untuk menjadi republik. tidak penting Pidato diperkenalkan oleh Charles musim panas ini. Dia menekankan bahwa setiap negara dapat memutuskan sendiri apakah ingin menjadi monarki lagi, dan bahwa proses menjadi republik bisa “tenang dan tanpa kebencian,” katanya.

4. Apakah raja memiliki hak istimewa?

Percaya. Misalnya, Charles adalah satu-satunya warga Inggris yang tidak memerlukan paspor jika ingin bepergian ke luar negeri, menurut keluarga kerajaan. Selain itu, hak istimewa Raja dengan jelas menunjukkan bahwa hukum Inggris didasarkan pada sejarah ratusan tahun. Misalnya, di samping semua pertanyaan luar biasa tentang pembubaran parlemen dan pengangkatan perdana menteri, hak istimewa kerajaan memberi Charles hak untuk mengklaim semua ikan paus, lumba-lumba, dan ikan sturgeon di perairan Inggris sebagai miliknya.

Selain itu, selain toko pakaian berusia dua abad di London, hanya Raja yang secara resmi dapat mengklaim angsa diam. Unggas air dulunya merupakan makanan lezat yang berharga. Delegasi dari tiga pihak melakukan perjalanan ke Sungai Thames setiap tahun untuk memilah dan membagi jumlah angsa, yang disebut angsa naik. Ini masih terjadi, tetapi terutama untuk memeriksa kinerja hewan yang dilindungi.

READ  Seorang pegawai Angkatan Udara AS diduga membocorkan informasi rahasia melalui situs kencan di luar