BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kematian sutradara bintang Leonard Retel Helmrich pada usia 63 tahun |  Film dan acara TV

Kematian sutradara bintang Leonard Retel Helmrich pada usia 63 tahun | Film dan acara TV

Direktur Leonard Retel Helmrich telah meninggal dunia pada usia 63 tahun. Dia terkenal karena trilogi pemenang penghargaannya posisi matahariDan posisi bulan Dan Lokasi bintang-bintang.

Untuk triloginya, Retel Helmrich mengikuti sebuah keluarga Kristen di daerah kumuh Jakarta selama dua belas tahun. Dengan demikian, film ini memberikan wawasan tentang tema-tema penting yang mencengkeram Indonesia, seperti konflik antaragama, pertikaian antar generasi, dan perbedaan yang semakin lebar antara si kaya dan si miskin.

Ketiga film dokumenter tersebut telah dihujani nominasi dan penghargaan di festival film internasional besar, termasuk IDFA dan Sundance Film Festival. Bagian terakhir dari trilogi ini juga membawa Retel Helmrich penghargaan bergengsi Amerika dari International Documentary Association (IDA) pada tahun 2011.

Retel Helmrich menerimanya saat mengedit film dokumenternya musim panjang Gagal jantung parah di awal tahun 2017. Sejak saat itu, pria kelahiran Tilburger ini mengalami gangguan kesehatan.

ke musim panjang Itu memenangkan penghargaan untuk Film Dokumenter Belanda Terbaik di IDFA tahun itu. Setahun kemudian, film dokumenter tersebut dinominasikan untuk Golden Calf Award di Festival Film Belanda. Pada tahun 2018, Retel Helmreich dianugerahi Knight of the Lion of the Netherlands.

READ  Legenda Panahan Kusuma Wardhani Meningal Duniya, dalam film 3 Srikandi Diperankan Tara Basru