BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kepala BBC mengundurkan diri setelah penyelidikan atas penugasan Boris Johnson

Richard Tajam

Berita NOS

Richard Sharpe mengundurkan diri sebagai kepala BBC. Dia sekarang telah mengundurkan diri setelah penyelidikan oleh regulator Inggris menemukan dia melanggar aturan karena dia membantu Perdana Menteri Boris Johnson mendapatkan pinjaman sesaat sebelum pengangkatannya.

Panitia meluncurkan penyelidikan setelah sebuah artikel di surat kabar Sunday Times. Dinyatakan bahwa Sharp akan mengatur pinjaman sebesar 800.000 pound (900.000 euro) untuk Johnson. Perdana Menteri Inggris saat itu akan mengalami kesulitan keuangan pada tahun 2021. Sharp akan menjamin pinjaman ini saat dia sedang dalam proses melamar menjadi ketua BBC.

Tidak ada konflik kepentingan

Pinjaman itu berasal dari pengusaha kaya Kanada Sam Blythe, sepupu jauh Johnson. Sharpe, mantan bankir dan donor partai Johnson, mengatur pertemuan antara Blythe dan kepala pegawai negeri Inggris untuk membahas pinjaman tersebut.

Saat cerita itu keluar, Sharp membantah adanya konflik kepentingan. Menurutnya, itu “hanya membuat orang berhubungan satu sama lain.”

Menurut regulator Inggris, fakta bahwa dia melanggar peraturan bukanlah alasan pengunduran diri Sharp. Namun, dia melakukannya karena melanjutkannya “mengalihkan perhatian dari pekerjaan baik BBC”. Ia ingin terus menjalankan tugasnya hingga Juni, agar BBC punya waktu untuk mencari pengganti yang cocok.

READ  Putin absen dari pertemuan PBB di New York, tetapi di bibir semua orang