BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kepala polisi didakwa atas drama Halloween di Korea Selatan

Kepala polisi didakwa atas drama Halloween di Korea Selatan

Bencana tersebut diperingati di Seoul pada Oktober lalu

Berita Noos

Kepala polisi ibu kota Korea Selatan, Seoul, dituding lalai menyusul tragedi Halloween yang merenggut 159 nyawa pada tahun 2022. Kim Kwang Ho disebut belum mengerahkan cukup petugas di Itaewon, kawasan terjadinya tragedi pada 29 Oktober 2022. .

Malam itu, kawasan hiburan populer itu menjadi tempat perayaan Halloween pertama sejak merebaknya pandemi Corona. Lebih dari 100.000 orang menghadiri perayaan tersebut, memadati jalan-jalan sempit. Banyak orang yang tertimpa kekacauan tersebut, dan 159 orang akhirnya tewas dalam kekacauan lingkungan tersebut.

Baik pihak berwenang setempat maupun polisi tidak siap menghadapi kerumunan besar: menurut data, hanya 137 petugas polisi yang dikerahkan di Itaewon malam itu, terlalu sedikit untuk menangani kerumunan orang.

lalai

Pada awal tahun lalu, para peneliti menyimpulkan bahwa layanan darurat tidak mengambil tindakan pencegahan, dan mereka juga lalai dalam menanggapi panggilan darurat. Kerja sama antar lembaga juga menjadi lemah ketika situasi yang serius menjadi jelas.

Kerabat korban bencana bereaksi positif terhadap tuduhan terhadap Kepala Polisi Kim, namun banyak yang percaya dia seharusnya didakwa lebih awal. Mereka juga menilai dia seharusnya sudah lama mengundurkan diri dari jabatannya. Dalam pernyataan tertulis bersama, anggota keluarga meminta pengadilan untuk menghukum berat kapolsek tersebut.

READ  Britten bereiden zich voor op 'grote' militaire inzet di Europa | Buytenland