BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kolombia memilih desain Damen untuk fregat baru

Galangan kapal Belanda Damen telah dipilih sebagai pemasok lima fregat baru untuk Angkatan Laut Kolombia. Kementerian Pertahanan Kolombia mengumumkan hal ini dalam siaran pers pada hari Jumat. Dia berbicara tentang program angkatan laut yang paling penting dalam beberapa dekade untuk negara Amerika Selatan.


Ilustrasi Sigma 10514 (Foto: Angkatan Laut Kolombia)

Lima fregat akan menjadi tambahan terbaru untuk program strategis Plataformas Estratgicas de Superficie (PES) dari armada Kolombia. Program ini bertujuan untuk menghancurkan empat frigat kelas Almirante Padilla Untuk menggantikan. Ini adalah kapal dari tahun 80-an yang dibeli dari HDW Jerman. Ini adalah aset pertahanan angkatan laut utama Kolombia sampai saat ini

tidak ada kejutan
Tidak mengherankan bahwa Damen membangun fregat. Februari lalu, presiden Kolombia saat itu, Even Duque, berkunjung ke galangan kapal Belanda. Kunjungan ini telah mengindikasikan bahwa Damen akan mengambil alih kontrak dari program tersebut, meskipun ada persaingan dari Grup Angkatan Laut Prancis, Navantia Spanyol, STM Turki, dan Daewoo Korea Selatan.

Apalagi, ini bukan kali pertama Kolombia memilih bekerja sama dengan Damen. Pada 2019, negara tersebut telah mengambil model Damen OSRV 8316 sebagai dasar pengembangan kapal penelitian oseanografinya.

Kerjasama dengan arena Kolombia
Kontrak tersebut diperkirakan akan ditandatangani antara kedua pihak pekan depan di ibu kota Kolombia, Bogota. Negosiasi terakhir berkaitan dengan harga kapal dan tonase. Kolombia tidak ingin membayar lebih dari $ 400 juta per fregat dan lebih memilih perpindahan besar. Itu Sigma 10514 van Damen, juga digunakan di Indonesia, akan digunakan sebagai desain dasar. Perpindahan kapal-kapal tersebut adalah 2.365 ton, sedangkan Kolombia menginginkan kapal dengan kapasitas 2.800 2.900 ton.

READ  Vitens Pilot memulai dengan NX Filtration untuk air minum dari IJssel

Damen akan berkolaborasi dengan galangan kapal Kolombia COTECMAR selama proses desain dan konstruksi. Ini adalah galangan kapal yang didirikan pada tahun 2000 oleh negara bagian di Bogotá, dan namanya adalah akronim dari Organisasi Pengembangan Sains dan Teknologi untuk Industri Maritim. Fregat dijadwalkan akan dibangun di Kolombia. Ini akan menjadi pertama kalinya fregat dibangun di tanah Kolombia.

Alasan memilih untuk melibatkan perusahaan milik negara Kolombia dalam proses ini ada dua. COTECMAR ingin berpartisipasi dalam desain akhir fregat untuk memastikan bahwa mereka memenuhi kebutuhan operasional Angkatan Laut. Selain itu, perusahaan ingin mendapatkan pengetahuan dan keterampilan teknologi dalam prosesnya.


Komentar diberdayakan oleh