BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kompensasi pertama di Belgia untuk “jumlah Pfas yang tidak normal” dalam darah

Kompensasi pertama di Belgia untuk “jumlah Pfas yang tidak normal” dalam darah

Pabrik 3M di Zwijndrecht di Antwerp

Berita NOS

Di Belgia, perusahaan bahan kimia 3M harus membayar kompensasi kepada sebuah keluarga untuk pertama kalinya atas emisi pfas. Kasus tersebut berkisar pada pelepasan bahan kimia dari pabrik 3M di Zwijndrecht, dekat Antwerp.

Dalam darah anggota keluarga, orang tua dan dua anak mereka, jumlah Pfas yang sangat tinggi ditemukan setelah pengukuran: mereka memiliki lebih dari seratus kali jumlah yang diperbolehkan dalam tubuh mereka. Hal ini dapat dikaitkan dengan emisi dari pabrik 3M, Pengadilan Negeri Antwerp memutuskan. Pfas juga diukur di kebun sayur keluarga.

Hakim berbicara tentang “ketidaknyamanan yang berlebihan” kepada warga. “Peningkatan ini dan dengan demikian ketidaknyamanan dikaitkan dengan 3M, karena telah ditunjukkan bahwa mayoritas polusi pfas di provinsi Antwerp berasal dari 3M.”

Oleh karena itu, perusahaan harus membayar ganti rugi sementara sebesar 2.000 euro dari pengadilan. Jumlahnya bisa bertambah nanti jika ditemukan lebih banyak kerusakan, seperti kerusakan fisik atau penyusutan rumah.

Ratusan keluarga mengantri

Menurut pengacara Gert Lenssens, yang mewakili penggugat, ini adalah preseden Eropa dan keputusan tersebut mungkin penting dalam kasus pengadilan di masa mendatang. “Itu tadi kondisi eksperimental, kondisi sempurna. Kami sengaja menyimpannya dalam jumlah kecil, jika tidak, Anda akan menghadapi proses hukum yang rumit jika Anda mulai menuntut terlalu banyak orang pada saat yang bersamaan. Ada ratusan keluarga mengantri untuk mengajukan gugatan, dan mungkin masih banyak lagi setelah keputusan ini.”

READ  Pelaku penyerangan terhadap mantan Presiden Reagan benar-benar bebas setelah 41 tahun di luar negeri

Jadi Lenssens tidak peduli dengan besaran denda yang kini telah dijatuhkan. “Sekarang kami ingin fokus pada tanggung jawab: Siapa yang bertanggung jawab atas emisi? Keputusan tersebut menunjukkan bahwa meskipun Anda mendapatkan izin lingkungan, Anda tetap bertanggung jawab atas kesehatan orang-orang di sekitar Anda.”

Menteri Lingkungan Flemish Demir menggambarkan keputusan itu sebagai hal yang baik. “Butuh keberanian bagi keluarga ini untuk mencoba bersaing dengan perusahaan multinasional seperti 3M. Untuk 3M: milikilah keberanian yang sama untuk mempertahankan posisi Anda dan tidak bersembunyi di balik sepasukan pengacara. Anda tahu apa yang saya lakukan.

konsekuensi bagi Belanda

Putusan dalam kasus 3M secara teoritis dapat memiliki konsekuensi di Belanda, karena pabrik tersebut terletak sekitar 17 kilometer dari perbatasan Zeeland. Meskipun pertama-tama harus diteliti secara menyeluruh di antara penduduk Zeeuws-Vlaanderen, apakah mereka benar-benar dirugikan oleh emisi dari pabrik tersebut.

“Namun dampak dari kasus ini di Belanda tentu sangat dramatis,” kata sang pengacara. “Jadi Belanda bisa bersatu dalam satu tuntutan kolektif. Saya kira hukum Belgia juga bisa digunakan untuk itu.”

Pfas telah menjadi masalah selama bertahun-tahun bagi orang-orang yang tinggal di dekat perusahaan kimia Chemours di Dordrecht. Pada bulan September, RIVM mengatakan bahwa siapa pun yang tinggal dalam jarak 1 km dari perusahaan tidak boleh makan buah atau sayur dari kebun sayur mereka sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini berdampak pada kesehatan.