BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Korban tewas dalam gempa Jawa naik menjadi setidaknya 162 |  luar negeri

Korban tewas dalam gempa Jawa naik menjadi setidaknya 162 | luar negeri

Korban tewas akibat gempa yang melanda pulau Jawa Indonesia meningkat pesat pada hari Senin. Menurut angka terbaru yang dirilis pihak berwenang, setidaknya ada 162 korban. Gempa berkekuatan 5,6 SR itu dirasakan warga ibu kota, Jakarta, antara lain.

Badan Meteorologi Indonesia mengatakan pusat gempa berada di kota Cianjur di Jawa Barat, sekitar 75 kilometer tenggara Jakarta. Gempa terjadi pada kedalaman sepuluh kilometer. Tidak ada bahaya tsunami.

“Ratusan, mungkin ribuan bangunan rusak,” kata juru bicara pemerintah daerah di Cianjur. Ini termasuk sekolah, rumah sakit, rumah dan toko. Gempa juga menyebabkan listrik padam. Pekerjaan penyelamatan terhambat oleh tidak dapat diaksesnya jalan karena tanah longsor.

Sejauh yang diketahui, tidak ada korban jiwa di Jakarta. Di sana, gedung-gedung mulai berguncang dan orang-orang dievakuasi dari kantor, antara lain. Tidak ada kerusakan serius yang dilaporkan di ibu kota.

Indonesia merupakan bagian dari Ring of Fire, sebuah wilayah di Samudera Pasifik yang memiliki lebih dari seratus gunung berapi aktif dan banyak gempa bumi. Pulau Sulawesi di Indonesia dilanda gempa berkekuatan 6,2 pada Januari 2021. Lebih dari seratus orang tewas.

READ  Cinema Zernike: film malam di Energy Barn di Groningen