BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Korea Selatan melepaskan tembakan setelah pelanggaran wilayah udaranya oleh drone Korea Utara

Korea Selatan melepaskan tembakan setelah pelanggaran wilayah udaranya oleh drone Korea Utara

Agen Pers Prancis

Berita NOS

Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan hari ini setelah beberapa drone Korea Utara terlihat di wilayah udara. Korea Selatan mengirim jet tempur dan helikopter serang ke udara untuk menembak jatuh drone.

Ini adalah pertama kalinya dalam lima tahun drone Korea Utara terlihat di sisi selatan perbatasan. Pada 2017, sebuah drone Korea Utara yang diyakini sedang dalam misi mata-mata jatuh di dekat perbatasan.

Komando militer Korea Selatan mengatakan bahwa salah satu drone terbang sebentar di atas ibu kota, Seoul, sekitar 50 kilometer dari perbatasan dengan Korea Utara. Pelanggaran wilayah udara kita jelas merupakan tindakan provokasi.

Tentara belum mengkonfirmasi apakah drone itu ditembak jatuh atau tidak. Menurut media setempat, sekitar seratus tembakan dilepaskan, tetapi tidak berhasil. Seorang pejabat pertahanan mengatakan sebuah jet tempur jatuh tak lama setelah lepas landas. Kedua pilot berhasil meninggalkan pesawat tepat waktu dan dibawa ke rumah sakit.

perangkat pemantauan

Sebagai tanggapan, militer Korea Selatan juga mengirimkan alat pemantau ke wilayah udara Korea Utara untuk memotret fasilitas militer.

Daerah perbatasan yang terisolasi antara Korea Selatan dan Korea Utara dijaga ketat dan penuh dengan ranjau darat. Kedua negara masih resmi berperang. Perang Korea berlangsung dari tahun 1950 hingga 1953 dan diakhiri dengan gencatan senjata yang berlanjut hingga saat ini. Tidak ada perjanjian perdamaian resmi yang ditandatangani.

READ  Seniman bunga Belanda kepada Paus: Bunga adalah milikmu