BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Korea Utara meluncurkan rudal untuk pertama kalinya sejak Januari

Korea Utara telah melakukan uji coba rudal untuk kedelapan kalinya tahun ini. Kemungkinan besar itu adalah rudal balistik, menurut laporan Penjaga Pantai Jepang. Militer Korea Selatan juga mengkonfirmasi bahwa Korea Utara menembakkan setidaknya sebuah “proyektil tak dikenal” ke arah timur.

Rudal itu diluncurkan dari pangkalan di dekat ibu kota, Pyongyang. Ini adalah uji coba rudal pertama Korea Utara sejak Januari. Bulan itu, negara itu meluncurkan rekor jumlah rudal, lebih banyak dari tahun 2021.

Pada bulan Januari ini terutama menyangkut rudal jarak pendek. Pada 30 Januari, sebuah rudal jarak menengah diluncurkan, mencapai ketinggian 2.000 km. Dalam foto yang diduga diambil dari rudal, Korea Utara dari luar angkasa untuk melihat.

Olimpiade

Korea Utara berhenti menembakkan rudal setelah dimulainya Olimpiade Musim Dingin di China. Para ahli mengharapkan negara komunis untuk melanjutkan program pengujian setelah Olimpiade. Cina adalah sekutu utama negara tetangga Stalinis.

Peluncuran itu dilakukan kurang dari dua minggu sebelum pemilihan presiden Korea Selatan pada 9 Maret. Kandidat presiden Yoon Seok-yeol pekan lalu memperingatkan bahwa Korea Utara mungkin melihat krisis Ukraina sebagai “kesempatan untuk melepaskan provokasinya.”

READ  Kapal penyelamat ketiga dengan migran berlabuh di pelabuhan Italia | Luar negeri