BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kru astronot terbang ke dekat Florida, mengakhiri masa tinggal lima bulan mereka di luar angkasa

(CNN) Empat astronot yang membentuk Crew-5 di Stasiun Luar Angkasa Internasional kembali ke rumah dari tinggal selama lima bulan di luar angkasa pada hari Sabtu, mendarat di Teluk Meksiko.

Kapsul SpaceX Crew Dragon turun dari stasiun luar angkasa pada pukul 2:20 ET, memulai tahap terakhir perjalanan astronot. Pesawat ruang angkasa kemudian kembali ke Bumi sebelum terjun kembali ke atmosfer untuk mendarat di lepas pantai Tampa, Florida tepat setelah pukul 21:00 ET pada hari Sabtu.

Kapal penyelamat menunggu kedatangan tim, siap untuk menarik kapsul dari laut dan membiarkan kru turun, memberi para astronot udara segar pertama mereka dalam hampir 160 hari.

Empat anggota awak – astronot NASA Nicole Mann dan Josh Kasada, astronot Koichi Wakata dari JAXA, atau Japan Aerospace Exploration Agency, dan astronot Anna Kikina dari badan antariksa Rusia Roscosmos – diluncurkan ke stasiun luar angkasa dengan kapsul SpaceX Crew Dragon Oktober lalu . . Mereka telah menghabiskan beberapa bulan terakhir melakukan percobaan penelitian dan menjaga pemeliharaan laboratorium berusia dua dekade.

Dan selama beberapa hari sebelum keberangkatan mereka, para astronot Crew 5 akan menyerahkan operasinya kepada Crew-6, yang mana Dia tiba di stasiun luar angkasa pada 3 Maret.

Dalam gambar yang disediakan oleh NASA ini, searah jarum jam dari kiri, insinyur Penerbangan 68 Anna Kikina dari Badan Antariksa Rusia, Josh Cassada dan Nicole Mann dari NASA dan Koichi Wakata dari Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) berkumpul untuk berfoto di dalam stasiun. Ruang Internasional Kibo. Unit laboratorium pada 1 Maret 2023.

Temui kru

Mann, anggota terdaftar dari suku Wailacki di Round Valley Reservation, menjadi anggota Wanita penduduk asli Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke sana orbit. Dia mengabdikan waktunya seperti astronot lainnya dalam perjalanan penjangkauan publiknya, beberapa di antaranya berfokus pada orang Aborigin yang menginspirasi anak-anak. selama Satu acara sosialisasi Pada November 2022, Mann A.J Penangkap mimpi — totem tradisional penduduk asli Amerika yang dimaksudkan untuk menangkal mimpi buruk — dia membawanya bersamanya ke stasiun luar angkasa.

READ  Semakin banyak privasi yang dimiliki orang tentang potensi bahaya, semakin tidak takut mereka menjadi

“Saya sangat bangga mewakili penduduk asli Amerika dan warisan saya,” kata Mann kepada wartawan sebelum peluncuran. “Saya pikir penting untuk merayakan keragaman kita dan menyadari betapa pentingnya saat kita bersatu dan bersatu, pencapaian luar biasa yang bisa kita capai.”

Partisipasi Kikina dalam perjalanan ini datang sebagai bagian dari perjanjian berbagi tumpangan sebelumnya NASA dan Roscosmos pada Juli 2022. Terlepas dari ketegangan geopolitik antara Amerika Serikat dan Rusia saat perang di Ukraina meningkat, NASA telah berulang kali mengatakan bahwa kemitraannya dengan Roscosmos, badan antariksa Rusia, diperlukan untuk melanjutkan operasi stasiun luar angkasa dan penelitian ilmiah yang berharga sedang dilakukan. di atas kapal.

Penerbangan itu adalah perjalanan pertama Mann, Kasada, dan Kekina ke luar angkasa.

Wakata sebelumnya terbang dengan penerbangan Space Shuttle NASA dan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia. Penerbangan ini adalah misi kelima astronot Jepang.