BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lebih dari dua puluh tewas dalam aksi polisi terhadap pemimpin geng di Rio de Janeiro | luar negeri

Sedikitnya 21 orang tewas dalam baku tembak dalam operasi unit polisi khusus di lingkungan miskin di utara Rio de Janeiro. Satuan polisi mendekati favela (daerah kumuh) Villa Cruzeiro pada malam hari dari Minggu hingga Senin, dan mereka langsung diserang oleh geng narkoba.

“Itu adalah konfrontasi yang sangat intens,” kata Kolonel Evan Blaze, juru bicara kepolisian yang memimpin operasi tersebut. Awalnya, dilaporkan 11 kematian, tetapi kemudian polisi meningkatkan jumlahnya menjadi 21. Polisi menyatakan bahwa sebagian besar korban adalah penjahat, tetapi warga yang tidak bersalah juga berpartisipasi dalam kekerasan. Di antara yang tewas adalah setidaknya satu pengamat, seorang wanita berusia 41 tahun yang terkena peluru nyasar, menurut polisi dari seorang anggota geng.

Media lokal melaporkan bahwa polisi berencana menangkap pemimpin geng narkoba Commando Vermelo (Komando Merah), tetapi polisi tidak mengumumkan penangkapan setelah itu. Polisi melaporkan bahwa hanya puluhan senjata api dan sebuah granat tangan yang disita.

Kebrutalan polisi

Tahun lalu, ada lebih dari 60 penembakan massal di ibu kota. Yang paling terkenal adalah pada awal Mei 2021 di favela Jacarisinho, di mana 29 orang, termasuk seorang polisi, tewas dalam operasi polisi terhadap penjahat narkoba. Setelah aksi ini, polisi melaporkan penangkapan enam orang.

Kebrutalan polisi di Brasil secara teratur menyebabkan kemarahan dan protes di antara penduduk, politisi, dan organisasi hak asasi manusia. Tahun lalu, total 6.100 orang tewas di negara itu akibat kebrutalan polisi, menurut hitungan saluran berita. st 1 Bekerja sama dengan Universitas São Paulo dan Forum Keamanan Publik. Dengan angka-angka ini, polisi Brasil termasuk yang paling mematikan di dunia.

READ  Pengacara 'Pro-Trump' untuk pejuang Capitol menghilang tanpa jejak | Luar negeri

Wanita muda dengan kaos berdarah berdemonstrasi menentang kebrutalan polisi. © AFP

Kerabat orang yang terbunuh dalam aksi polisi.

Kerabat orang yang terbunuh dalam aksi polisi. © AFP

Tonton video berita kami di daftar putar di bawah ini: