BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lebih dari satu juta rumah tangga tanpa aliran listrik setelah cuaca buruk di Texas

Lebih dari satu juta rumah tangga tanpa aliran listrik setelah cuaca buruk di Texas

Pohon tumbang di Houston setelah badai hebat awal bulan ini

Berita Noos

Lebih dari satu juta rumah tangga dan bisnis terputus aliran listrik di negara bagian Texas, Amerika Serikat, akibat cuaca buruk. Texas bagian utara dan timur khususnya dilanda hujan lebat dan hujan es disertai angin kencang.

Menurut kantor berita Amerika, setidaknya 300.000 alamat di kota Dallas dan Fort Worth saat ini tidak memiliki akses listrik. Sebagian besar pemadaman listrik terjadi di bagian timur negara bagian itu. Beberapa panti jompo dan fasilitas umum harus bergantung pada generator.

Keadaan darurat telah diumumkan di wilayah Dallas. Pejabat setempat memperkirakan pemadaman listrik akan berlanjut selama beberapa hari.

Udara yang sangat hangat

Badai akan bergerak menuju Texas selatan dalam beberapa jam mendatang. Badai petir dan hujan lebat diperkirakan akan terjadi di Houston. Pemerintah setempat memperingatkan hembusan angin sekitar 110 kilometer per jam.

Cuaca badai di Texas terjadi setelah beberapa badai hebat dan tornado yang melanda Amerika Serikat bagian tengah bulan ini. Akhir pekan lalu, badai tersebut menewaskan 15 orang. Kehancuran tidak hanya terjadi di Texas, tetapi juga di Oklahoma, Arkansas, Missouri, dan Kentucky.

Ahli meteorologi mengaitkan cuaca buruk ini dengan udara yang sangat hangat dan lembab di jantung Amerika Serikat. Suhu musim panas yang tinggi telah mencapai Texas Selatan bulan ini.

READ  Delapan wanita terbunuh dalam satu hari