BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ledakan di sebuah gereja Katolik Roma di Indonesia

Kedua penyerang gagal memasuki gereja. Mereka ditahan oleh penjaga keamanan, setelah itu salah satu penyerang meledakkan dirinya.Gambar AP

Banyak orang percaya berkumpul di gereja untuk Misa Minggu Palem, awal minggu Paskah. Namun, kedua penyerang tersebut gagal memasuki gereja. Setelah misa selesai dan jamaah sudah keluar, mereka tiba dengan sepeda motor di salah satu pintu samping gedung. Di sana dia dihentikan oleh penjaga keamanan, setelah itu salah satu penyerang meledakkan dirinya. Kata imam itu kepada media Indonesia. Tidak ada kematian lain yang diketahui. Beberapa korban luka dalam kondisi kritis.

Di negara mayoritas Muslim, sering terjadi serangan yang menargetkan minoritas Kristen. Pada 2018, sekelompok pelaku bom bunuh diri menewaskan lebih dari 30 orang di kebaktian gereja di Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia. Serangan teroris Islam terburuk di kepulauan di pulau Bali pada tahun 2002 menewaskan lebih dari 200 orang, banyak dari mereka adalah turis.

Saluran berita Al Jazeera menulis bahwa dalam beberapa tahun terakhir pemerintah Indonesia mampu meraih kemenangan melawan terorisme, tetapi belakangan ini kekerasan kembali meningkat.

READ  Revolusi Podcast: Masa lalu India berdarah dan lebih gelap dari yang diharapkan