BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ledakan radio cepat terkuat yang pernah ditemukan dapat ditelusuri ke situs mengejutkan: ScienceAlert

Ledakan radio cepat terkuat yang pernah ditemukan dapat ditelusuri ke situs mengejutkan: ScienceAlert

Semburan radio cepat (FRB) adalah kilatan cepat gelombang radio dari luar angkasa yang kuat dan misterius.

Para astronom kini dapat melacak asal usul FRB paling kuat dan terjauh yang pernah ada hingga ke gugus tujuh galaksi yang koheren, sehingga memberi para peneliti wawasan tentang berbagai lingkungan yang dapat menghasilkan emisi cahaya aneh tersebut.

Ledakan ini, yang disebut FRB 20220610A, datang dari suatu tempat di dalam cluster, menurut gambar baru dari… Teleskop Luar Angkasa Hubble Analisis yang dilakukan oleh tim peneliti internasional menunjukkan bahwa interaksi mereka mungkin berperan dalam menciptakan ledakan.

Transmisi khusus ini tidak cocok dengan beberapa teori yang paling diterima secara luas tentang cara kerja alam semesta, sehingga membuat para ahli astrofisika berhenti sejenak untuk memikirkan kondisi seperti apa yang memungkinkan terjadinya ledakan radio cepat.

Galaksi tuan rumah dari ledakan radio yang sangat cepat dan kuat, FRB 20220610A. (NASA, ESA, STScI dan Alexa Gordon, Barat Laut)

“Tanpa pencitraan Hubble, akan tetap menjadi misteri apakah ledakan radio cepat ini berasal dari satu galaksi homogen atau dari suatu sistem yang saling berinteraksi.” Dia berkata Astronom Alexa Gordon, dari Universitas Northwestern.

“Lingkungan seperti ini – lingkungan eksotik – yang mendorong kita menuju pemahaman yang lebih baik tentang misteri ledakan radio yang cepat.”

Untuk memberi Anda gambaran seberapa jauh perjalanan ledakan radio cepat ini, alam semesta kini berusia sekitar 13,8 miliar tahun; Sinyal yang kita terima dari FRB 20220610A berasal dari saat alam semesta baru berusia 5 miliar tahun.

Dari pengamatan awal, gelembung amorf yang terlihat di dekat sumber ledakan radio cepat membuat para peneliti yakin mungkin ada beberapa galaksi yang terlibat. Namun angka tujuh adalah sebuah kejutan. Galaksi-galaksi ini juga terhubung erat, dan semuanya bisa masuk ke dalam galaksi kita Bima Sakti.

READ  Para ilmuwan mengidentifikasi protein bermutasi yang terkait dengan risiko penyakit Alzheimer
Gambar ledakan galaksi
Galaksi-galaksi tersebut dipilih menggunakan data yang ditangkap oleh Hubble. (Gordon dkk., arXiv2023)

Jarak galaksi-galaksi ini sangat dekat sehingga kemungkinan besar mereka berinteraksi satu sama lain dengan cara tertentu. Jika bintang-bintang terbentuk secara berurutan, ini mungkin salah satu penjelasan mengenai kekuatan semburan radio yang cepat.

“Ada beberapa bukti bahwa anggota kelompok berinteraksi.” Dia berkata Ahli astrofisika Wen Fei Fung, dari Universitas Northwestern. “Dengan kata lain, mereka mungkin sedang memperdagangkan material atau mungkin sedang dalam perjalanan untuk melakukan merger.”

“Gugus galaksi ini, yang disebut gugus galaksi kompak, merupakan lingkungan yang sangat langka di alam semesta dan merupakan struktur galaksi terpadat yang kita ketahui.”

Semburan radio yang cepat terus mengejutkan dan membuat penasaran para ilmuwan, dengan perubahan sinyal dan pertanyaan tentang sumbernya. Saat ini, tebakan terbaiknya adalah bahwa ia muncul dari objek kosmik seperti bintang neutron atau lubang hitam.

Studi ini merupakan pengingat lain bahwa seiring dengan kemajuan teleskop kita, yang memungkinkan kita melihat ruang angkasa dengan resolusi yang semakin tinggi, kita seharusnya mampu menjawab lebih banyak pertanyaan tentang sinyal misterius ini.

“Dengan sampel FRB jauh yang lebih besar, kita dapat mulai mempelajari evolusi FRB dan karakteristik inangnya dengan menghubungkannya dengan FRB terdekat dan bahkan mungkin mulai mengidentifikasi populasi yang lebih eksotik.” Dia berkata Dong.

Penelitian ini tersedia di server pracetak arXiv.