BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ledakan sonik merobek Florida saat Space Force X-37B kembali ke rumah

Baru pukul lima pagi ketika rumahnya terbangun. Ayam-ayamnya berteriak. Anak kucingnya berhamburan. Dia menyembunyikan anjing-anjingnya di bawah selimut. Dan Nancy Planeta duduk tegak di tempat tidur sambil bertanya-tanya: Suara apa itu?

Orang-orang di Florida bangun pada Sabtu pagi karena suara X-37B kembali ke Bumi setelah 908 hari di orbit.

Laporan tentang ledakan sonik menyebar luas, dari Titusville ke Tampa, saat kendaraan otonom Angkatan Luar Angkasa AS mendarat di Kennedy Space Center NASA di Brevard County pada pukul 5:22 pagi.

Planeta, 52, yang tinggal di utara Pasco County, mencari jawaban di Facebook dan situs berita lokal di pagi hari. pengumpulan sampah? tembakan? Latihan di MacDill? Dia mengatakan ayahnya bekerja di Angkatan Udara, jadi begitu dia pulih dari keterkejutan awal, dia segera menyadari bahwa ledakan itu akustik. Hewan-hewannya membutuhkan waktu lebih lama untuk mengumpulkan diri.

“Mereka sudah terbiasa dengan kesejukan kehidupan pedesaan,” katanya Minggu pagi.

Dalam sebuah pernyataan, Boeing, yang membuat X-37B, mengatakan pesawat itu kini telah terbang lebih dari 1,3 miliar mil dan telah menghabiskan 3.774 hari di luar angkasa sambil melakukan eksperimen untuk pemerintah dan mitranya.

Satu percobaan, dalam kemitraan dengan Laboratorium Penelitian Angkatan Laut AS, melibatkan pengubahan energi matahari menjadi energi gelombang mikro. Tujuan lain adalah untuk menguji daya tahan beberapa bahan yang mengalami kondisi ruang untuk akhirnya meningkatkan akurasi model lingkungan ruang.

“Misi ini menyoroti fokus Angkatan Luar Angkasa untuk bekerja sama dalam eksplorasi ruang angkasa dan memperluas akses murah ke luar angkasa bagi mitra kami, baik di dalam maupun di luar Departemen Angkatan Udara,” Jenderal Angkatan Luar Angkasa AS dan Kepala Operasi Luar Angkasa Chance Saltzman mengatakan dalam sebuah pernyataan.

READ  Roket Vega C Eropa gagal dalam misi kedua, kehilangan dua satelit

X-37B dikembangkan oleh NASA sebagai basis uji untuk pesawat ruang angkasa masa depan. Hari ini, itu dioperasikan bersama oleh Angkatan Luar Angkasa dan Kantor Kemampuan Cepat Angkatan Udara. Angkatan Luar Angkasa AS diyakini memiliki dua kendaraan X-37B, 29 kaki dari depan ke belakang, terletak di antara panjang truk pikap dan bus sekolah.

X-37B diluncurkan ke orbit dari Stasiun Pasukan Luar Angkasa Cape Canaveral pada 17 Mei 2020, ketika Donald Trump menjadi presiden – sekitar dua bulan setelah Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan COVID-19 sebagai pandemi.

Misi keenamnya empat bulan lebih lama dari penerbangan X-37B sebelumnya.

“Pengembalian ini semakin menekankan kemampuan fasilitas peluncuran dan pendaratan di Space Florida yang ideal untuk Departemen Pertahanan dan misi komersial,” kata Frank DiBello, presiden dan CEO Space Florida, otoritas pendanaan dan pengembangan luar angkasa negara bagian itu. dalam sebuah pernyataan. . .

Di Bithlo, yang terletak di Orange County sekitar 30 mil sebelah barat Kennedy Space Center, Carlos dan Johanna Alfonso menangkap ledakan itu dengan kamera bel pintu.

“Dinding berguncang, kaca berguncang, seluruh rumah berguncang,” kata Johanna, 55 tahun.

Mereka memberanikan diri keluar setelah mereka bangun dari tidur, dan mengatakan bahwa kabut aneh dengan bau belerang menggantung di udara.

Habiskan hari-harimu bersama Hayes

Berlangganan buletin Stephinitely gratis kami

Kolumnis Stephanie Hayes akan berbagi pemikiran, perasaan, dan tindakan lucu dengan Anda setiap hari Senin.

Anda semua terdaftar!

Ingin lebih banyak buletin mingguan gratis kami di kotak masuk Anda? Mari kita mulai.

Jelajahi semua pilihan Anda

Di Gulf Coast, Peter Anderson juga terbangun oleh suara aneh yang menembus langit yang masih gelap.

READ  Tes roket bulan besar Artemis I NASA ditunda

“Apakah aku membayangkannya?” Warga Sarasota berusia 37 tahun itu mengingat pemikirannya.

Karena tidak dapat tertidur lagi, dia mengatakan bahwa dia mengeluarkan ponselnya, membuka Twitter, dan mengobrol online tentang X-37B. Dia secara longgar mengikuti perkembangan ruang angkasa, jadi dia mendengar tentang pesawat itu, tetapi tidak tahu bahwa orbitnya yang hampir 30 bulan akan segera berakhir.

“Akan sangat bagus jika kita tahu tentang hal-hal ini,” katanya.