BALICITIZEN

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lihat pohon Natal kosmik dan bola salju surgawi dalam gambar baru NASA

Lihat pohon Natal kosmik dan bola salju surgawi dalam gambar baru NASA

Mendaftarlah untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Gambar baru yang diambil oleh dua teleskop luar angkasa NASA menunjukkan bagaimana cahaya dari bintang-bintang muda dapat menghiasi alam semesta dengan keceriaan liburan.

Gugusan bintang yang menyerupai pohon Natal bersinar dengan cahaya dan bola salju yang berkilauan dalam pengamatan baru yang dilakukan oleh Observatorium Sinar-X Chandra dan Teleskop Luar Angkasa Hubble.

NGC 2264, yang berjarak sekitar 2.500 tahun cahaya dari Bumi, juga disebut “Set pohon Natal“, di mana sekelompok bintang muda dikelilingi oleh awan gas nebula, membangkitkan vegetasi kosmik hijau yang dihiasi dengan kelap-kelip lampu.

Usia bintang berkisar antara 1 juta hingga 5 juta tahun, dan ukurannya bervariasi, ada yang lebih kecil dan ada yang lebih besar dari matahari kita. Gambar komposit baru, yang telah diputar searah jarum jam sebesar 160 derajat sehingga bagian atas pohon tegak, mencakup berbagai panjang gelombang cahaya yang terdeteksi oleh Chandra serta survei lapangan.

di dalam Versi animasi dari gambarKilatan lampu berwarna biru putih melambangkan sinar X dari bintang muda yang ditemukan Chandra. Sementara itu, awan gas mirip pohon liburan bersinar dengan cahaya optik hijau, seperti yang terlihat melalui teleskop WIYN 0,9 meter milik National Science Foundation di Kit Peak di Gurun Arizona-Sonoran.

Bintang-bintang putih terang di seluruh gambar terdeteksi melalui pengamatan dalam cahaya inframerah menggunakan Two Micron All Sky Survey, yang dilakukan antara tahun 1997 dan 2001. Mempelajari bintang-bintang muda seperti yang ada di Gugus Pohon Natal memberikan wawasan tentang sifat mereka yang berubah-ubah. Bintang-bintang muda dapat memancarkan nyala api yang lebih dahsyat daripada Matahari kita Para astronom masih menyelidikinya fenomena.

READ  Roket SpaceX membawa kru multinasional menuju stasiun luar angkasa

Teleskop Luar Angkasa Hubble harus melihat lebih jauh untuk menemukan negeri ajaib musim dingin di angkasa. Hubble mengamati satu miliar bintang berkelap-kelip di dalam galaksi katai bernama UGC8091Jaraknya 7 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Virgo.

Susunan bintang-bintang di galaksi tampak seperti rangkaian lampu kusut yang disusun secara tergesa-gesa di penghujung musim liburan. Gangguan ini disebabkan oleh UGC 8091 yang merupakan galaksi tidak beraturan dan tidak memiliki tampilan terorganisir seperti galaksi spiral atau elips.

NASA/Hubble/ESA

Satu miliar bintang berkelap-kelip di dalam galaksi katai UGC 8091, yang berjarak 7 juta tahun cahaya.

Tidak ada dua galaksi tak beraturan yang tampak sama, melainkan muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk. Bentuk galaksi yang tidak beraturan dapat disebabkan oleh interaksi dengan galaksi lain, serta gangguan internal yang disebabkan oleh benda langit seperti bintang yang meledak.

Wide Field Camera 3 Hubble dan Advanced Camera for Surveys mengamati UGC 8091 dalam panjang gelombang cahaya yang berbeda. Data dikumpulkan antara tahun 2006 dan 2021.

Cahaya biru yang terdeteksi dalam bentuk komposit dari pengamatan ini berasal dari bintang-bintang yang baru lahir, sedangkan bintik-bintik merah dan merah muda yang bersinar mungkin merupakan molekul hidrogen yang memanas setelah berinteraksi dengan cahaya dari bintang-bintang muda yang aktif. Sementara itu, fitur terang lainnya pada gambar tersebut mencakup bintang-bintang tua dan galaksi latar belakang yang jauh.

Galaksi kerdil merupakan hal yang umum pada awal sejarah alam semesta, dan akhirnya bergabung membentuk galaksi yang lebih besar dan terorganisir. Para astronom dapat mempelajari evolusi galaksi dengan mempelajari galaksi katai jauh dan bintang-bintangnya.